8 Masalah Teknis Saat Renovasi Rumah

  • Selasa, 27 Mei 2014 19:10 WIB

TabloidNova.com - Ada banyak hal rumit dan bersifat teknis yang sulit dilakukan sendiri  saat merenovasi rumah. Oleh karena itu, lebih baik jika pengerjaan renovasi rumah Anda serahkan kepada arsitek atau tukang. Berikut beberapa hal teknis yang perlu Anda pikirkan saat merenovasi rumah.

Struktur Bangunan
Pondasi, balok penyangga, atau tiang-tiang beton merupakan bagian struktur bangunan yang tak boleh diabaikan. Memasangnya dengan cara asal-asalan tentu bisa membahayakan rumah. Kesalahan pemasangan juga akan menyebabkan proses pembangunan menjadi terhambat. Pemasangan bagian-bagian ini sebaiknya dilakukan oleh profesional yang mengetahui cara pemasangan yang benar dan tepat. Misalnya, arsitek atau kontraktor profesional.

Instalasi Listrik
Pemasangan instalasi listrik yang tidak sempurna juga bisa membawa risiko sendiri. Meski Anda terbiasa memasang stop kontak atau lampu, memasang instalasi listrik untuk sebuah rumah butuh keahlian tersendiri. Jika Anda tak yakin dengan kemampuan Anda atau tukang dalam memasang instalasi listrik, ada baiknya panggil penyedia jasa profesional.

Baca juga: Percantik Eksterior Rumah Mungil

Atap
Atap merupakan salah satu bagian rumah yang butuh perhatian. Anda tak bisa memasangnya begitu saja. Komponen-komponen penyusun atap antara lain struktur atap (rangka atap dan penopang rangka atap), penutup atap (genteng, polycarbonate), dan pelengkap atap (talang dan lisplang). Perhitungkan juga berapa waktu yang Anda butuhkan karena ini harus selesai tepat waktu. Selain faktor cuaca yang bisa berpengaruh, biaya pun bisa membengkak jika waktu pengerjaan molor.

Saluran Air dan Pembuangan
Nah, ini salah satu bagian rumah yang tampaknya sepele tapi juga sangat penting. Pernah, kan, Anda mengalami saluran pembuangan mampet dan bingung bagaimana memperbaikinya? Oleh karena itu, pemasangan pipa-pipa saluran air dan pembuangan harus tepat dan benar. Jika tidak, bisa-bisa rumah tergenang air akibat saluran pembuangan yang mampet. Mengganti keran air kamar mandi mungkin bisa Anda lakukan sendiri, tapi memasang pipa-pipa saluran air dan pembuangan tentu tidak sesederhana memasang keran air. Jadi, sebaiknya panggil saja tenaga profesional untuk memasangnya.

Kayu
Meskipun Anda bisa membuat meja dari kayu, pekerjaan kayu lain seperti membuat dan memasang kusen, jendela, dan pintu, misalnya, tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah mengukur kusen pintu saja, bisa berakibat membengkaknya ongkos dan waktu.

Pembuatan elemen kayu pada sebuah rumah juga butuh peralatan yang lengkap. Nah, ini tentu hanya dipunyai para profesional. Anda bisa juga meminta bantuan tukang kayu langganan untuk mengerjakan urusan kayu ini. Pastikan ia memiliki kompetensi dan skill yang dibutuhkan, termasuk dalam hal harga.

Baca juga: Menata Kamar Tidur Seperti Kamar Hotel

Wallpaper
Sepertinya mudah, ya, memasang wallpaper di kamar tidur? Padahal, salah sedikit saja, hasilnya bisa berantakan. Jadi, jika Anda berniat memasang wallpaper untuk dinding ruangan rumah, apalagi luasnya cukup besar, lebih baik serahkan ke ahlinya. Hasilnya dijamin bakal lebih maksimal dibanding Anda pasang sendiri.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×