6 Langkah Menciptakan Dapur yang Sehat

  • Senin, 8 September 2014 23:51 WIB

Griya

""

Beberapa langkah berikut bisa membantu menciptakan dapur yang sehat. Asal, Anda bisa berkomitmen untuk melakukannya secara berkala.

Seleksi Makanan
Segera bersihkan sampah yang ada di lemari makanan terutama makanan yang mudah basi. Kalau pun ada makanan kaleng yang belum dibuka, perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Begitu juga dengan keripik atau kerupuk yang sudah terbuka. Saat Anda yakin makanan tersebut sudah tak layak dimakan, berarti harus masuk tong sampah. Sementara makanan yang masih baik, harus dipisahkan dengan makanan yang masih baru.

Pilih Perangkat
Periksa lemari dan laci-laci kitchen set Anda. Jika ada barang yang sudah tak berfungsi, jangan terlalu lama disimpan karena akan menjadi sampah. Misalnya, wadah plastik yang tutupnya hilang. Kalau tak sempat memperbaiki atau memang tak layak dipakai lagi, artinya tak perlu disimpan.

Bersihkan Laci
Ambil ember berisi air sabun atau botol semprot berisi pembersih kotoran. Sapu remah-remah atau gunakan vakum, baru lap kitchen set dan laci-lacinya. Laci merupakan daerah yang selalu lupa dibersihkan karena tempatnya tertutup, bukan? Setelah permukaan bersih, Anda dapat menambahkan alas di laci atau rak untuk melindungi makanan.

Bagi Kelompok
Letakkan makanan dengan tanggal kedaluwarsa yang panjang di bagian dalam. Satukan makanan sejenis, misalnya pasta atau mi. Barang dengan fungsi yang sama sebaiknya disatukan. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda memilah barang mana yang dibutuhkan dan tidak perlu. Jika Anda ternyata memiliki 3 pembuka tutup botol, misalnya, maka yang paling usang bisa langsung disingkirkan.

Beri Tanda
Pasang label di depan lemari atau rak. Pengaturan ini selain memudahkan mencari barang, Anda tak perlu bolak-balik membuka tutup lemari untuk mencari barang yang dimaksud. Anda juga bisa mengatur berapa besar ruangan dapur disesuaikan dengan barang yang ada.

Sistem Prioritas
Prioritaskan barang yang sering dipakai untuk disimpan di bagian luar agar mudah dijangkau dan tertangkap mata saat dibutuhkan. Begitu juga makanan yang sering digunakan sebaiknya diletakkan di depan mata agar mudah terlihat. Simpan di wadah penyimpanan agar terlihat rapi dan mudah diambil. Keranjang bisa berfungsi untuk menyimpan keripik, permen, atau kacang. Lemari berputar untuk menyimpan botol minyak goreng, cuka, dan saus.

Noverita K. Waldan/Dari berbagai sumber

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×