7 Benda di Dapur yang Wajib Dijaga Kebersihannya

  • Selasa, 9 September 2014 00:00 WIB

TabloidNova.com - Selain sebagai tempat memasak, dapur juga merupakan tempat yang paling sering didatangi. Bisa dibayangkan jika dapur dalam kondisi berantakan, tentu bukan sebuah pemandangan yang indah, bukan?

Untuk menciptakan dapur yang sehat, pastikan ada tujuh benda di dapur yang wajib dijaga kebersihannya.

Kompor
Kompor gas dapat dibersihkan dengan air hangat dan sabun. Sedangkan untuk kompor listrik, gunakan spons basah saat menyeka kotoran. Gunanya untuk menghilangkan noda-noda bekas minyak, percikan masakan, serta lemak. Kotoran tersebut harus segera dibersihkan karena kalau kelamaan kotoran akan mengeras dan susah dibersihkan.

Copot perapian yang ada di kompor dan cuci di wastafel menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Hindari menggunakan sabun yang mengandung amonia karena akan menghilangkan tanda-tanda yang ada di tombol-tombol.

Bersihkan juga ventilasi penghisap asap masakan dengan kain basah, dilanjutkan dengan lap kering. Sebulan sekali, bersihkan filter udara, rendam dalam air sabun hangat. Pelan-pelan gosok dan biarkan benar-benar kering sebelum kembali dipasang.

Oven
Lepaskan tatakan di oven. Isi bak atau ember dengan air hangat dan sabun, kemudian biarkan direndam selama beberapa jam. Cara seperti ini akan memudahkan menggosok semua kotoran yang menempel.

Setiap beberapa bulan Anda harus membersihkan oven, namun lebih baik jika dilakukan segera setelah Anda selesai menggunakannya.

Sediakan ¼ cangkir garam, ¾ cangkir baking soda, dan ¼ cangkir air. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian dalam oven dan biarkan semalam. Bersihkan dengan spatula plastik, lalu dilap, dan keringkan.

Lemari es
Buat campuran dua sendok makan baking soda dan satu liter air. Gunakan spons untuk membersihkan permukaan lemari es dengan cara menggosoknya. Keluarkan laci dan rak dan dibersihkan jangan hanya bagian utama dari lemari es saja. Celupkan kain bersih ke dalam air dan gunakan untuk membasuh residu yang ditinggalkan larutan soda kue. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan setiap permukaan.

Tinggalkan sekotak baking soda di lemari es untuk menghilangkan bau yang ada di kulkas. Pasalnya, baking soda bisa menyerap bau dan membuat kulkas Anda bersih dan segar.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×