Cara Kreatif Mengolah Sampah Dapur Jadi Bermanfaat

  • Senin, 19 Oktober 2015 12:15 WIB

Cara Kreatif Mengolah Sampah Dapur Jadi Bermanfaat | Homemademommy

Siapa yang tahan melihat tumpukan sampah dapur di pojokan ruangan? Biasanya sampah dapur berisikan bungkus kemasan, sisa remah bumbu masakan maupun sisa kulit makanan seperti buah dan sayuran.

Selain dianggap kotor, sampah dapur juga kerap memicu lalat maupun nyamuk, sehingga banyak orang seringkali memilih membuang sampah dapur. Nah, kini ada cara kreatif mengolah sampah dapur jadi bermanfaat. Mulai dari masker, olahan camilan sampai pada vitamin untuk hewan peliharaan. Tak percaya? Berikut cara mengolah sampah dapur jadi bermanfaat:

Bubuk kopi
Kopi bisa dipakai para perempuan untuk berbagai keperluan kecantikan. Campur bubuk kopi dengan kondisioner untuk rambut yang lebih halus dan berkilau. Kopi juga bisa dicampur dengan minyak kelapa untuk digunakan sebagai eksfoliator saat melakukan facial.

Kulit semangka
Cara memanfaatkan sampah dapur juga bisa menggunakan kulit semangka. Sisa kulit semangka ternyata bisa dibuat sebagai acar dan rasanya sama enaknya dengan mentimun. Bila Anda memiliki masalah kulit berjerawat, gosokkan semangka di kulit untuk menghilangkan jerawat-jerawat tersebut.

Baca: Kupas Tuntas Tips Praktis Cara Hemat di Dapur

Kulit Telur
Hancurkan sampai halus dan campur dengan tanah di kebun untuk menambah kalsium bagi tanaman. Anda juga bisa memberikan gerusan kulit telur pada hewan peliharaan sebagai pengganti suplemen kalsium. Kulit telur juga bisa dipakai sebagai filter pada mesin pembuat kopi untuk membuat kopi tidak terlalu pahit.

Kulit Pisang
Bungkus batang pohon tomat dengan kulit pisang yang bisa berfungsi sebagai pupuk bagi tomat. Kulit pisang juga bisa digosokkan pada kulit untuk menghilangkan rasa gatal serta mengobati ruam akibat gigitan serangga. Untuk penggunaan pada benda, kulit pisang bisa digunakan sebagai semir sepatu yang natural.

Baca: 7 Langkah Cara Membersihkan Kulkas dari Bau Tak Sedap

Kulit Apel
Kulit apel kering bisa diseduh dengan air panas dan dijadikan teh yang enak. Jika Anda memiliki perabot aluminium yang berbekas putih, coba gosok dengan kulit apel dan kadar asam di kulit apel itu akan menghilangkan noda. Kulit apel segar juga bisa dikompreskan pada mata selama lima hingga 10 menit untuk menghilangkan lingkaran hitam.

Bagaimana? Semoga cara kreatif mengolah sampah dapur jadi bermanfaat di atas

Lila Nathania/intisari-online.com
Sumber: architecturemdesign.net

 

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×