13 Kiat Berhemat

  • Senin, 18 Februari 2013 09:16 WIB

anda dan pasangan-AGUS (15)_resize

"Ilustrasi. Foto: Agus Dwianto/NOVA "

1. Memasak lebih sering.  Jangan kira memasak hanya membuat pemborosan. Jika Anda mengkalkulasikan dengan benar, membawa bekal makan siang masakan sendiri sebenarnya lebih menghemat pengeluaran. Apalagi jika Anda membawakan bekal makan siang suami dan anak-anak pula.

2. Beli teko pembuat kopi tipe French Press . Jika Anda dan pasangan adalah penikmat kopi, akan lebih baik memiliki French Press (semacam teko tinggi yang bisa menyaring kopi) yang memungkinkan membuat kopi dengan bahan yang  lebih  setiap hari.

3. Pilih satu jenis olah raga dan lakukan dengan serius. Tak perlu  memiliki keanggotaan gym juga keanggotaan  di tempat yoga. Sebaiknya pilih salah satunya saja. 

4.Lebih banyak berjalan. Jika Anda benar-benar ingin menghemat uang, berjalan dapat membantu  kebugaran sekaligus menghemat uang bensin dan uang parkir.

5. Pangkas satu biaya bulanan. Potong (setidaknya) salah satu biaya bulanan misalnya, iuran televisi kabel,  keanggotaan butik atau tempat belanja, atau biaya-biaya tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan. Siapa tahu, ini mungkin akan menjadi hal terbaik yang pernah Anda lakukan.

6. Singkirkan rak penyimpanan. Unit penyimpanan terkadang digunakan untuk hal yang kurang layak. Bahkan membuat Anda boros menyimpan hal-hal dalam jumlah berlebih. Jika memang tak diperlukan, singkirkan saja.

7. Meminjam daripada membeli. Jika ada barang yang  hanya sesekali setahun digunakan, seperti tangga lipat, tenda berkemah, pembakar barbeque dan seterusnya, pertimbangkan untuk meminjam saja.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×