Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Putuskan Adopsi Anak, Nomor 3 Paling Sulit!

  • Selasa, 19 September 2017 08:58 WIB

ilustrasi | istock

NOVA.id - Tak jarang biasanya orang memutuskan untuk mengadopsi anak lantaran kondisi pasangan yang tak lagi memungkinkan untuk hamil, kerena terlalu berisiko. 

Biasanya karena alasan kesehatan, seperti ibu yang mengidap penyakit jantung, hipertensi, asma, diabetes, epilepsi, gagal ginjal, HIV/AIDS, atau sudah beberapa kali melakukan operasi caesar.

Namun tidak sedikit juga pasangan yang berkecukupan secara ekonomi memiliki keinginan untuk membantu sesama dengan mengadopsi anak. 

Mungkin saja orangtua anak yang diadopsi merupakan kerabat dekat yang kurang mampu, atau bahkan tidak saling kenal oleh pasangan tersebut.

Baca juga: Sempat Berjauhan, Venna Melinda Kembali Mesra dengan Kedua Anak Kandungnya, Ini Penyebabnya

Banyak hal yang dapat memengaruhi seseorang atau pasangan dalam mengadopsi anak. 

Namun biasanya, faktor psikologislah yang memengaruhi mereka untuk mengadopsi anak. 

Menurut Anindita Citra Setiarini, Psikolog dari Klinik light HOUSE, biasanya sebelum mengadopsi anak, kebanyakan pasangan telah melewati proses berduka (grieving) yang terdiri dari denial, anger, bargaining, depression, dan acceptance karena tidak bisa punya anak sendiri. 

Terlepas dari latarbelakang seseorang atau pasangan akhirnya memutuskan untuk mengadopsi anak, tentu perlu berbagai pertimbangan sebelum akhirnya keinginan tersebut terwujud.

Baca juga: Adopsi Anak Bisa Pancing Istri Agar Cepat Hamil, Benarkah?

Reporter : Amanda Hanaria
Editor : okki margaretha

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×