10 Rempah Berkhasiat yang Bisa Ditanam di Rumah

  • Selasa, 12 April 2016 16:11 WIB

Begini cara menanam rempah di rumah. | IST

Siapa yang tak kenal masakan tradisional Indonesia? Begitu banyak jenis bumbu rempah yang dipakai untuk membuat masakan menjadi lezat. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, rempah pun bisa dijadikan tanaman obat keluarga. Nah, kenapa tidak menumbuhkan tanaman rempah ini di rumah?

Tanaman rempah ini sangat mudah ditanam, bahkan di pot sekalipun. Mulai dari jahe, kencur, kunyit, kunci, kunyit putih, serai, temulawak, kunyit hitam, lengkuas, bawang merah, rosemary, basil dan banyak lainnya.

Ini dia 10 rempah yang bisa ditanam di halaman rumah atau di pot:

1. Daun basil

Memiliki aroma yang nyaris mirip dengan daun kemangi. Bentuknya pun mirip, meskipun teksturnya lebih tebal daripada daun kemangi. Daun ini digunakan untuk penambah rasa pada pasta, berbagai olahan ikan, atau salad.

Cara menanam daun basil di rumah:

Tempatkan di tanah kompos dan gembur beri air secukupnya, beberapa hari kemudian biji basil akan mengembang seperti minuman biji selasih. Basil akan berkecambah dan cepat tumbuh bila ditempatkan di sinar matahari yang hangat.

2. Daun oregano

Sepintas mirip daun basil, namun memiliki aroma yang khas dan lebih tajam. Bisa ditemukan dalam bentuk daun segar ataupun bubuk. Bentuk bubuk digunakan sebagai bumbu tambahan untuk pembuatan pizza dan spageti. 

Cara menanam daun oregano di rumah:

Reporter : Annelis Brilian
Editor : Annelis Brilian

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×