7 Tips Hemat Energi di Kantor

  • Senin, 30 September 2013 08:45 WIB

ruang kantor, green office

"FOTO: USGREENCHAMBER "

1. Banyak orang kerap lupa mematikan monitor atau colokan listrik, misalnya. Padahal, produk elektronik apa pun yang masih dalam keadaan standby masih mengonsumsi daya listrik. Karena itu, biasakan mematikan komputer begitu Anda selesai bekerja.

2. Menurut CA Technology, perusahaan penyedia solusi manajemen TI asal Amerika Serikat, penggunaan kertas di Asia mencapai 44 persen. Ini berarti hampir separuh konsumsi kertas terjadi di Asia. Oleh karena itu, usahakan agar kita bekerja dengan metode paperless. Toh, saat ini e-mail hingga notes di tablet sudah banyak tersedia, kan?

3. Bagaimana bila kertas tetap harus digunakan? CA Technology menyarankan supaya Anda menggunakan kertas bekas atau memakai dua sisi kertas tersebut.

4. Pilihan font atau huruf juga bisa menghemat biaya, lho. Untung saja ada font ramah lingkungan seperti Century Gothic dan Times New Roman yang bisa menghemat biaya cetak hingga 31 persen.

5. Di Singapura, sekitar 60 persen biaya gedung perkantoran dan rumah didapat dari tagihan listrik. Ada cara untuk menekan biaya ini, yaitu mengatur suhu AC di kantor di 25 derajat Celsius. Pasalnya, setiap penurunan satu derajat akan menambah biaya operasional sekitar 10 persen.

6. Suka membungkus makanan makan siang Anda dengan kertas nasi atau styrofoam? Lebih baik, bawa sendiri wadah makan dari rumah supaya kita bisa mengurangi jumlah sampah atau makan langsung di tempat tersebut.

7. Lebih dari 10 milyar alat tulis dibuang di dunia setiap tahunnya. Maka, gunakan isi ulang daripada selalu membeli pena baru atau gunakan pena dari plastik biodegradasi yang lebih mudah terurai.

Astrid Isnawati

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×