7 Kalimat yang Wajib Dihindari Agar Anak Percaya Diri (2)

  • Kamis, 26 Februari 2015 16:06 WIB

Tabloidnova.com - Mendidik anak agar percaya diri sangatlah penting. Sayang, terkadang tanpa disadari, sikap orangtua justru menyebabkan sebaliknya.

Ternyata, banyak hal kecil yang bisa membuat buah hati berkecil diri dan merasa menjadi sosok yang tak diharapkan orangtua serta lingkungannya. Dampaknya bahkan bisa berlanjut hingga Si Anak beranjak dewasa, lo.

Agar buah hati tumbuh menjadi sosok yang mandiri, Ayoe Sutomo, M.Psi., dari Klinik Citra Ardhita Medifarma memaparkan tujuh kalimat yang harus dihindari agar anak percaya diri.

4. "Jalan-jalannya besok (dan besok) saja, ya ..."

Ingkar janji adalah tidak menjalankan komitmen yang sebelumnya telah disepakati bersama anak atau menunda sesuatu yang sudah dijanjikan pada anak sebelumnya.

Misalnya, orangtua mengatakan seperti ini. "Malam Minggu ini kita nonton bioskop, ya, Nak." Namun, setelah sampai malam Minggu, tidak jadi pergi menonton bioskop atau menunda menonton bioskop ke minggu depannya.

"Efek yang mungkin terjadi adalah anak tidak lagi percaya kepada orangtua dan lingkungan. Justru cenderung akan terbentuk pribadi yang meremehkan dan tidak menghargai komitmen, serta tidak dispilin."

Untuk menghindari dampak tersebut, sebaiknya orangtua berusaha menepati janji. Jika memang terpaksa sekali harus membatalkan janji atau mengundur realisasi pemenuhan janji, orangtua harus meminta maaf.

5. "Nak, bilang saja Mama tidak ada di rumah!"

Hal ini kerap kali diasosiasikan dengan berbohong untuk kebaikan (white lie). Namun apa pun alasannya, meminta anak untuk berbohong bukanlah hal yang dapat diterima.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×