Ini Caranya Agar Anak Tenang Selama di Pesawat

  • Rabu, 14 Januari 2015 19:19 WIB

Travel

"Foto: Getty Images "

Untuk kenyamanan anak dan keamanan saat terjadi turbulensi, meski masih berusia di bawah 2 tahun, lebih baik anak dipesankan tempat duduk tambahan jika posturnya sudah terlalu besar untuk terus dipangku orangtua.

Berikut "ritual" ampuh yang perlu dilakukan sebelum memulai penerbangan perdana bersama Si Kecil.

Kondisi Kesehatan
Sebelum membawa anak bepergian dengan pesawat, akan lebih aman jika Anda konsultasikan dulu kondisi kesehatannya ke dokter. Terlebih jika Anda berencana menempuh penerbangan jauh. Jika kondisi anak dinyatakan kurang fit, lebih baik tunda keberangkatan.

Pakaian Nyaman
Suhu udara di pesawat adalah antara 20 - 24 derajat Celcius. Pilih bahan pakaian yang lembut, hangat, dan nyaman. Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal agar tak mengganggu geraknya. Jika perlu, tambahkan sweater, selimut, sarung tangan, atau kaus kaki. Saat tidur, mintalah bantal tambahan agar lebih nyaman.

Obat-obatan Wajib
Jangan lupa untuk membawa obat-obatan "wajib" Si Kecil, seperti obat penurun panas atau minyak kayu putih. Jika harus membawa obat-obatan tertentu yang memerlukan resep dokter, jangan lupa membawa resep aslinya.

Jam Tidur Sesuai
Salah satu trik yang banyak dilakukan orangtua adalah membuat anak sibuk sebelum penerbangan sehingga di udara anak merasa lelah dan tertidur. Cara lain, sesuaikan jam perjalanan dengan jam tidur anak. Misalnya, saat akan melakukan perjalanan panjang, pilihlah pesawat malam agar anak langsung terlelap sepanjang perjalanan dan merasa lebih segar di kota tujuan. Sementara untuk perjalanan pendek, pilihlah terbang pada jam tidur siang Si Kecil.

Trik Saat Take Off
Agar anak tak rewel saat pesawat take-off atau landing, orangtua harus tenang agar tidak diserang rasa panik yang dapat menular kepada anak. Jika masih menyusui, segera berikan ASI (Air Susu Ibu) pada anak. Jika tidak, berikanlah dot, permen, atau makanan ringan. Gerakan mengisap atau mengunyah makanan berguna untuk mengurangi tekanan udara membuat telinga tak nyaman. Memberi minum sesering mungkin juga dapat menghindarkan anak dari dehidrasi karena udara dalam kabin pesawat yang kering.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×