Membantu Anak Jadi Siswa Pintar dan Bahagia

  • Jumat, 23 Januari 2015 08:04 WIB

Anda Anak

""

Mempersiapkan anak sejak dini agar sukses di sekolah, memang butuh trik jitu. Jika keunggulan akademik adalah aspek yang paling penting bagi Anda, maka persiapkan anak dengan membimbingnya saat belajar di rumah, mengikutsertakan buah hati pada les mata pelajaran, serta proaktif menemaninya belajar. Tentu, Anda pun harus cerdas menentukan pendekatan mana yang paling pas untuk kondisi buah hati.

Sementara itu, ada pula orangtua yang mendefinisikan kesuksesan di sekolah tak sekadar nilai akademik. Sehingga, pembentukan sosok anak yang lebih optimis, tangguh, fleksibel, dan mampu bekerja secara independen, dijadikan takaran penting dalam tumbuh kembangnya.

Dengan kata lain, cara mempersiapkan anak untuk sukses di sekolah sangat tergantung pada definisi sukses orangtua. Untuk membantu anak menjadi siswa yang pintar dan bahagia, berikut beberapa saran yang berguna.

Kurangi Televisi & Internet

Faktanya, terlalu lama bermain internet atau menonton televisi akan mengurangi kesempatan anak-anak sukses di sekolah. Pasalnya, kedua aktivitas tersebut akan membatasi kesempatan anak untuk berinteraksi sosial seperti teman-temannya.

Selain itu, aktivitas ini juga terbukti memengaruhi minat anak untuk membaca, merasakan pengalaman dengan orang lain, bermain, atau berpartisipasi dalam kegiatan lain. Padahal secara signifikan, aktivitas itu akan lebih memperkaya anak. Seorang ahli parenting menyarankan, jangan biarkan anak usia SD menonton teve lebih dari satu jam per hari.

Ikuti Ekstrakurikuler

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×