7 Langkah Cara Membersihkan Kulkas dari Bau Tak Sedap

  • Jumat, 18 September 2015 09:01 WIB

Cara membersihkan kulkas agar tak berbau | houselogic

Sudah saatnya dibersihkan, tapi jujur saja Anda kebingungan mengenai cara membersihkan kulkas? Anda tak sendirian.

Kulkas kadang menyimpan begitu banyak benda tak terduga. Sirup yang tak tersentuh sejak saat puasa beberapa bulan lalu, sayran yang sudah tak segar lagi, masakan sisa semalam, dan lain sebagainya.

Melihat begitu banyak benda dimasukkan ke dalam kulkas, tak heran bila tak jarang makanan yang berada di dalam kulkas pun menjadi tak sedap aromanya. Bahkan, air putih pun menjadi tak segar karena ada bebauan aneh yang tak biasa.

Belum lagi, area freezer yang dipenuhi oleh bunga es atau juga berbau tak sedap karena Anda kelupaan memakai daging yang ditaruh di dalamnya.

Mengingat fungsinya sebagai tempat penyimpan yang membuat makanan lebih awet, tak heran memang isi dari kulkas seringkali sulit diprediksi.

Disarikan dari berbagai sumber, ini dia saran yang bisa dilakukan tentang cara membersihkan kulkas.

Membersihkan freezer kulkas yang memiliki teknologi frost-free alias auto defrost (mampu membersihkan bekuan es sendiri) bisa dilakukan setiap empat sampai enam bulan. Sementara untuk kulkas yang tak bisa membersihkan bekuan es sendiri atau dikenal dengan manual-defrost, Anda bisa membersihkannya bersamaan dengan jadwal membersihkan kulkas, yaitu sekitar sebulan sekali.

1. Untuk menentukan kapan saat yang tepat membersihkan freezer, lihat dari ketebalan bekuan es. Saat bekuan es sudah menumpuk lebih dari 1 cm, maka ia sudah harus dibersihkan.

2. Matikan freezer, lalu keluarkan semua makanan. Area yang harus dibersihkan adalah rak dan nampan. Cuci semua bagian dengan larutan sabun yang ringan lalu pastikan hingga benar-benar kering.

3. Cuci setiap bagian kulkas yang telah dilepaskan tersebut, dalam larutan sabun ringan. Benar-benar kering.

Reporter : Annelis Brilian
Editor : Annelis Brilian

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×