Bahagia Itu Sederhana, Dimulai dari Melakukan 6 Hal Mudah Ini

  • Senin, 17 Juli 2017 06:00 WIB

Tak perlu uang banyak dan kemewahan untuk membuat diri bahagia. Bahagia itu sederhana dan bisa dimulai dari melakukan 6 hal mudah berikut ini.

Seperti ungkapan yang sering banyak orang katakan, sebenarnya kebahagiaan bisa didapat dari hal-hal yang sederhana. Dan untuk merasa bahagia tentu kita harus pintar mengelola tekanan atau stres.

Fred B. Bryant. PhD., psikolog sosial dari Loyola University Chicago mengatakan, saat kita sedang memiliki banyak tekanan dari pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, kebahagiaan bisa didapat dari kejadian spontan yang kita temukan. Efeknya, tentu saja kesehatan juga jadi lebih baik.

Lebih dari 20 tahun Bryant juga meneliti bagaimana seseorang bisa hidup sehat dan punya kehidupan yang tampak mudah serta bahagia. Nah, untuk mendapatkan itu, mari kita ikuti cara-cara berikut ini:

Membiasakan Pola Pikir yang Bahagia

Caranya mudah. Tunjukkan kasih sayang pada pasangan dan anak kita, murah senyum pada rekan kerja kita, atau saling berbagi pengalaman menyenangkan dengan kawan kita.

Cara-cara tersebut cukup efektif untuk membangun kegembiraan di sekitar kita. Lagipula, kebahagiaan bisa membuat koneksi kita dengan orang di sekitar kita menjadi baik.

Baca: 7 Tanda Pasangan Bahagia dan Tak Terpisahkan

Buat Kenangan Indah

Kerjakan apapun dengan bahagia, pasti kejadian-kejadian itu akan menjadi kenangan yang indah pula. Mengingat kejadian-kejadian yang menyenangkan pada saat kita sedang mengalami tekanan dalam pekerjaan misalnya, akan membuat kita lebih semangat dan menghilangkan stres.

Motivasi Diri Sendiri

Coba atur target untuk diri sendiri, dan tantang untuk bisa mencapai target itu. Ketika target itu terpenuhi, boleh-boleh saja, kok, untuk menghadiahi diri sendiri dengan hal-hal yang membuat kita senang. Namun, ingat ya jangan sampai malah membuat kita terlena.

Baca: Tak Punya Uang Tapi Selalu Bahagia, Ikuti Rahasia Perempuan Ini

Pertajam Perasaan

Mempertajam perasaan kita bukan berarti harus menjadi cengeng. Coba cara simpel ini, pejamkan mata ketika sedang menikmati makanan favorit kita, atau hirup nafas dalam-dalam ketika sedang berada di luar ruangan dengan udara yang menyegarkan.

Terkadang, dengan memejamkan mata dan menikmati sesuatu bisa membantu untuk bisa membuat diri kita sendiri nyaman dan bahagia.

Baca: Nonton Infotainment Bikin Kita Bahagia, Wajar Enggak Sih?

Ingat, Jangan Selalu Melihat ke Atas

Selalu ingin memuaskan diri dengan berkaca pada kondisi yang ada di atas kita,atau memaksakan diri untuk hidup dengan gaya yang bukan merupakan gaya hidup kita, bisa membuat kita buta. Ingat, selalu bersyukur dan lihat pada kondisi orang lain yang tidak seberuntung kita.

Baca: 7 Hal yang Bikin Suami Bahagia, Ternyata Sederhana Saja!

Menyenangkan Diri Sendiri

Membahagiakan diri juga bisa dengan melakukan refleksi, lo. Atau, dengan menyediakan waktu kosong untuk melakukan hobi kita seperti mendengarkan lagu, menyelesaikan novel favorit, atau membuat menu-menu baru. Menyibukkan diri dengan melakukan hobi membantu mengurangi stres, lo.

Dionysia Mayang/NOVA.id

Reporter : Dionysia Mayang
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×