Ibu, Coba 6 Solusi Mudah Ini Agar Rumah Rapi dan Bersih Setiap Hari

  • Kamis, 5 Januari 2017 08:00 WIB

Ibu, Coba 6 Solusi Mudah Ini Agar Rumah Rapi dan Bersih Setiap Hari | istock

Kondisi rumah yang bersih dan rapi tentu menjadi idaman para penghuninya. Bukan hanya agar lebih betah di rumah, tapi juga untuk menjaga anggota keluarga agar selalu sehat dalam beraktivitas sehari-hari.

Mengawali tahun 2017, agenda ini pun bisa menjadi resolusi baru para ibu yang sekaligus berdampak positif untuk kualitas hidup keluarga di rumah.

Sebab meski rumah dalam keadaan tertutup ada saja debu yang menempel di tiap perabotan atau sudut rumah yang bisa mengganggu kesehatan. Belum lagi bakteri, virus, atau kehadiran serangga yang bisa memicu penyakit.

Di sisi lain, terdapat fakta positif yang didapat dari kebiasaan baik membersihkan rumah yakni bisa membuat seseorang hidup lebih lama.

Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian tim University Medical Center Rotterdam, Belanda. Mereka menemukan bahwa wanita usia 55 tahun yang rajin melakukan pekerjaan rumah tangga ternyata lebih panjang umur, hingga usia 86 tahun.

Riset ini melibatkan 7.000 pria dan wanita yang gaya hidupnya dipantau selama berpuluh tahun. Pemimpin riset Dr Klodian Dhana mengatakan, perbedaan itu memperjelas fakta bahwa pria umumnya lebih banyak mengerjakan pekerjaan di luar rumah sedangkan wanita lebih banyak mengerjakan pekerjaan rumah.

Fakta tersebut juga didukung sebuah penelitian lainnya di Jepang dimana kegiatan membersihkan rumah mampu membakar sekitar 285 kalori. Penelitian yang melibatkan 302 partisipan berusia 70-80 tahun ini menyimpulkan kegiatan tersebut pun bisa menurunkan risiko kematian hingga 30 persen.

Sebaliknya wanita yang jarang mengerjakan pekerjaan rumah tangga meskipun mereka sibuk bekerja di kantor rentan terkena risiko obesitas dan gangguan kesehatan lanjutan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Oleh karena itu, mulai sekarang mari lebih aktif lagi bergerak. Salah satunya, dengan rutin membersihkan rumah. Nah, agar tak bingung, para ibu bisa mengikuti 6 solusi membersihkan area-area di rumah ini agar tampak rapi dan bersih setiap hari :

1. Dapur

Area dapur merupakan tempat paling disukai bakteri untuk berkembang biak. Misalnya, di meja tempat Anda meracik bahan makanan dan sekitar kompor. Maka, pastikan bekas makanan dan debu yang menempel setiap harinya selalu dibersihkan.

Sebaiknya selalu membiasakan langsung mencuci piring kotor bekas pakai dan sekitar tempat mencuci piring. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan Sunlight.

Dengan formulasi yang mengandung ekstrak jeruk nipis asli, Sunlight efektif membersihkan lemak membandel yang menempel pada cucian piring maupun wajan di rumah.

2. Lantai

Idealnya, seluruh permukaan lantai di rumah tentu wajib disapu dan dipel setiap harinya. Terlebih jika Anda memiliki balita di rumah dan senang bermain di lantai.

Untuk menjaga agar lantai bersih dan higienis, sebaiknya Anda rutin mengepel lantai menggunakan Wipol yang ampun membunuh kuman dan menjaga lantai tetap bersih sehingga kita makin merasa nyaman di rumah.

3. Toilet

Toilet bersih tentu menjadi cerminan penghuni rumahnya. Mengingat bak, toilet, wastafel, juga dinding kamar mandi menjadi habitat jamur untuk tumbuh dengan mudah dan cepat, ada baiknya setiap minggu rutin digosok dan dibersihkan. Termasuk kaca di dinding yang sering terkena cipratan air dan sabun.

Namun, jangan khawatir jika ingin kamar mandi bersih maksimal, Vixal hadir untuk membantu mengembalikan kamar mandi yang putih bersih dengan lebih praktis.

Permukaan porselen, keramik, mosaik, dan sejenisnya bisa kembali mengilap seperti baru. Bahkan, untuk noda membandel sekalipun. Anda hanya perlu menyemprotkan Vixal dan mendiamkannya sebentar, lalu menyikatnya tanpa perlu usaha yang keras.

4. Kamar Tidur

Biasakan selalu membereskan tempat tidur, membuka jendela untuk sirkulasi udara yang baik, menyapu dan mengepel lantai kamar setiap harinya. Jangan lupa ganti sprei seminggu sekali dan rutin mengelap debu yang menempel di rak lemari dan juga meja di sekitar tempat tidur Anda.

Untuk mencegah nyamuk, semprot berkala obat nyamuk sebelum tidur. Memastikan kamar tidur selalu rapi membuat waktu istirahat Anda jadi lebih nyaman usai berkegiatan.

5. Ruang Tamu dan Keluarga

Tak ada yang lebih menyenangkan daripada berkumpul bersama anggota keluarga dengan waktu yang berkualitas. Anda pun tentu harus memastikan, ruang keluarga tertata apik dan bersih. Begitu juga dengan ruang tamu.

Setiap hari Anda bisa rutin membersihkan perabotan, rak buku, meja televisi, kipas angin, saluran AC, gagang telepon bahkan langit-langit rumah agar terbebas dari debu dan sarang laba-laba.

6. Garasi, Gudang, dan Halaman

Kecuali halaman yang harus dibersihkan setiap hari, di area garasi dan gudang, sebulan sekali Anda bisa membersihkannya sambil memilah barang-barang yang tidak terpakai lagi untuk dibuang.

Pastikan juga agar tak ada sarang hama dan air tergenang untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

Yuk, cek solusi jitu rumah bersih dan sehat yang bisa dibeli di Blibli. Rumah pun semakin bersih dan nyaman untuk Anda sekeluarga.

 

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×