Inilah Jadwal 4 Minggu Bersih-Bersih Rumah Jelang Lebaran

  • Sabtu, 13 Mei 2017 12:45 WIB

Inilah Jadwal 4 Minggu Bersih-Bersih Rumah Jelang Lebaran

Membersihkan rumah jelang Lebaran bisa dilakukan perlahan sejak bulan puasa dimulai, lo. Justru, jangan lakukan dalam waktu sekaligus karena akan lebih melelahkan. Lakukan dengan cara "mencicil" setiap hari, hitung-hitung ngabuburit dengan cara produktif. Sehingga semua rumah Anda bersih tanpa satu ruangan yang terlewatkan dan Anda pun tak kelelahan.

Jika Anda melakukan secara terkonsep, hasilnya akan seimbang dengan jerih payah Anda saat membersihkan. Dan, tanpa terasa ternyata selama sebulan Anda bisa melakukannya. Terpenting, saat mengerjakannya Anda harus senang, bukan menjadi beban.

Berapa waktu ideal membersihkan rumah jelang Lebaran setiap harinya? Ternyata, Anda cukup meluangkan waktu selama 20 menit setiap hari. Waktu tersebut terhitung pas sebelum Anda terganggu panggilan telepon atau rengekan anak-anak. Pilih waktu yang tepat sesuai dengan kondisi Anda, misalnya saat anak-anak sedang bersekolah, selepas memasak, atau menjelang sore.

Namun, saat membersihkan rumah jelang Lebaran, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum berlanjut ke jadwal membersihkan rumah per minggu.

- Tidak semua harus Anda lakukan sekaligus jika Anda dapat mengatur satu tugas per hari. Ambil kalender, isi dengan jadwal mulai dari yang mudah dulu baru ke pekerjaan yang lebih berat.

- Ada pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, ada pula yang bisa dilakukan beberapa hari sekali. Menyapu ruangan memang ada baiknya dilakukan setiap hari karena debu pun datangnya tiap saat. Sedangkan mengepel ruangan bisa dilakukan 2 hari sekali. Sesuaikan dengan kebutuhan.

- Kebanyakan orang malas untuk menyetrika pakaian. Apalagi jika berhadapan dengan segunung pakaian kusut dan hawa setrika yang panas. Untuk menghemat tenaga, cukup lipat pakaian yang berbahan tak mudah kusut. Siasat lainnya, kurangi kusutnya pakaian dengan tidak memeras terlalu kuat pakaian yang telah dicuci dan jemur dengan menggunakan hanger.

- Saat bekerja lakukan sambil menyanyi, bersenandung, bersiul atau menyalakan radio, CD, yang membuat Anda bahagia saat melakukannya.

- Tambahkan juga tugas yang harus/rutin dilakukan bulanan atau kuartalan. Lebih mudah untuk merencanakan jauh hari tugas-tugas yang lebih besar ini, seperti membersihkan gorden, sofa, atau karpet.

Baca: Tata Meja Jingga untuk Buka PuasaBersama

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×