Mengejutkan! Ini Adalah 5 Benda Terkotor di Rumah

  • Jumat, 18 September 2015 12:15 WIB

Hii, ini dia benda terkotor di rumah! | The Sun/News Syndication

Sebelum kembali ke dapur, perhatikan juga kebersihannya. Coba tebak, mana daerah terkotor yang ada di rumah Anda? Tempat sampah? Toilet?

Percayakah Anda, area yang berpotensi paling kotor di rumah sebenarnya adalah wastafel dapur! Bahkan bisa dibilang, seluruh area dapur adalah sarang bakteri bila tak dibersihkan secara benar. Ini tentu bukan simpulan sembarangan, melainkan hasil riset Hygiene Council, sekelompok ahli kesehatan global.

Dapur memiliki area terbanyak yang berpotensi menjadi sarang kuman dalam daftar 10 area terkotor di rumah, bahkan meski Anda merasa sering membersihkan dapur!

"Potensi bakteri yang begitu tinggi di dapur ini disebabkan oleh bahan-bahan makanan yang tak dibersihkan dengan baik. Sebutlah, Anda membawa daging mentah yang berpotensi mengandung bakteri E. coli, Salmonella, dan bakteri lainnya," kata Dr Charles Gerba, yang memegang gelar doktor dalam bidang mikrobiologi dan mengajar di Universitas Arizona.

"Memasak memang membunuh bakteri, namun penanganan yang salah bisa meningkatkan risiko penyebaran kuman ke makanan dan permukaan lainnya, seperti wastafel dan meja."

Untungnya, menyingkirkan kuman di dapur Anda sebenarnya mudah. Berikut lima area yang paling rawan kuman dan trik cepat dan cermat membasminya.

1. Wastafel Dapur

Dalam saluran air, rata-rata ada setengah juta bakteri per inci saluran air, kata Gerba. "Pasalnya, di wastafel segala barang bisa disimpan. Mulai dari makanan mentah, sisa makanan, piring kotor, dan lainnya. Ditambah kondisinya yang selalu basah, menjadikan area wastafel ini paling potensial sebagai tempat bakteri tumbuh.”

Bagaimana cara menghalau bakteri di wastafel? Cukup semprot dan lap menggunakan disinfektan setiap malam, setelah membersihkan piring makan malam. Mudah!

2. Spons Cuci

Reporter : Annelis Brilian
Editor : Annelis Brilian

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×