Normalkah Perempuan Merasa Bosan Jadi Ibu Rumah Tangga?

  • Jumat, 2 Oktober 2015 12:43 WIB

Peran Ibu Rumah Tangga Bikin Perempuan Mudah Bosan? | Hodinholden

Melihat stigma yang berkembang di masyarakat seputar kesulitan atau kebosanan menjalani peran sebagai ibu rumah tangga akhirnya membuat tabloidnova.com merasa penasaran. Benarkah peran ibu rumah tangga bikin perempuan mudah bosan?

Seperti yang kita tahu, melakukan aktivitas yang sama secara berulang dan terus menerus jelas menimbulkan kejenuhan bagi sebagian besar orang. Tak ayal, persepsi ini yang kini melekat di benak perempuan modern sehingga akhirnya membuat sebagian perempuan lebih memilih bekerja atau menghabiskan waktu di luar rumah ketimbang mengurus anak dan keperluan rumah tangga secara intens. Lalu, normalkah perempuan merasa bosan jadi ibu rumah tangga?

Baca: Ibu Rumah Tangga, Ini Bahaya Menonton TV 5 Jam Sehari Bagi Kesehatan

“Normal, kok! Berhadapan dengan rutinitas yang itu-itu saja terkadang membuat siapa saja pastilah merasa bosan. Kadang rasa bosan terjadi ketika seseorang kurang tepat memaknai hidup sehingga kurang bersyukur dan menjadi bosan. Oleh karena itu, penting melakukan framing kembali makna mengurus keluarga seperti apa untuk menghasilkan output menikmati setiap aktivitas menjadi ibu rumah tangga,” papar Ayoe Sutomo, psikolog menjawab soal peran ibu rumah tangga bikin perempuan mudah bosan.

Baca: Agar Tidak Terbebani Menjadi Ibu Rumah Tangga

Ayoe juga berbagai tips mengatasi rasa bosan menjadi ibu rumah tangga. Selain bersyukur terlebih dulu, mencari variasi aktivitas bisa dilakukan, salah satunya lewat keterlibatan di perkumpulan orangtua di sekolah atau bergabung dalam kegiatan sosial.

“Mendampingi anak tumbuh besar sekaligus memotivasi suami dalam karier dan pekerjaan adalah salah satu tugas mulia menjadi ibu rumah tangga. Bosan sesekali tak masalah, pergi berekreasi maupun sekedar ‘me time’ akan membuat pikiran yang penat segera hilang,” tutup Ayoe.

Baca: Ternyata Ibu Rumah Tangga Lebih Lama Jam Kerjanya

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×