Peran Ayah Amat Penting untuk Kecerdasan Emosi Anak

  • Jumat, 11 November 2016 17:00 WIB

Peran ayah amat penting untuk tumbuh kembang anak hingga ia dewasa | Happylive

Di zaman sekarang, ayah maupun ibu memiliki peran yang setara dalam memantau tumbuh kembang anaknya agar optimal. Tak ada lagi pemisahan bahwa ayah hanya bertugas mencari nafkah, sementara urusan anak-anak menjadi tanggung jawab ibu.

Jika anggapan itu masih diterapkan, anak justru akan kehilangan figur ayah. Mengapa?

Sebab peran ayah dalam kehidupan anak sangat berarti, terutama untuk membangun kecerdasan emosi, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan motivasi anak di kemudian hari. 

Jika anak tidak merasakan peran ayah maka besar kemungkinan ia akan kesulitan anak beradaptasi di sekolah, lingkungan sosial, maupun perubahan lainnya. Riset juga menunjukkan tanpa peran ayah:

- 63 persen anak mengalami masalah psikologis seperti gelisah, sedih, suasana hati yang mudah berubah, fobia, dan depresi

- 56 persen anak memilik kemampuannya berada di bawah rata-rata

- 43 persen anak melakukan agresi terhadap orangtua

Agustina, M.Psi., Psikolog dari PBKP Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara pun menyorot perbedaan ayah zaman dulu dan sekarang. Terutama dari segi waktu.

"Dulu, ayah memiliki lebih banyak waktu di rumah karena jarak tempuh rumah ke kantor dan sebaliknya, pendek. Sekarang, kemacetan membuat waktu kebersamaan ayah dan anak di rumah berkurang."

Namun, yang lebih membedakan, ada peningkatan kualitas pendidikan pada ayah zaman sekarang.

"Mereka lebih berpendidikan dan lebih paham bagaimana ayah harus berperan dalam tumbuh kembang anak. Juga ingin terlibat dalam meningkatkan kualitas dalam mendidik anak laki-laki maupun perempuan untuk bertindak sesuai gendernya."

Sempatkan waktu berinteraksi dengan anak minimal 30 menit sehari
Sempatkan waktu berinteraksi dengan anak minimal 30 menit sehari

Lantas, apa saja bentuk perhatian yang mesti diberikan ayah kepada anak meski ia sibuk bekerja?

1. Luangkan waktu

Dalam sehari minimal para ayah punya waktu 15-30 menit untuk bercengkerama dengan buah hati. Bisa dengan menanyakan kegiatan anak hari ini dan mengajaknya bermain.

Percayalah, ini akan sangat bermakna bagi perkembangan jiwa anak. Ayah yang positif akan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

2. Ungkapan sayang

Bertanya bagaimana anak menjalani harinya di sekolah, mampu meningkatkan kemampuan akademis anak, lo. Sebab, "Sesibuk apa pun seorang ayah, anak tetap membutuhkan dukungan, perhatian, dan kasih sayang dari ayahnya."

Selain ucapan verbal, ayah juga bisa memberikan bentuk perhatian berupa belaian sayang pada anak, pelukan, dan penghargaan berupa pujian pada anak saat berhasil mencapai sesuatu atau saat anak sudah menunjukkan usaha yang baik.

Selain kata-kata, ungkapan sayang berupa pelukan dan sentuhan dari ayah penting untuk anak
Selain kata-kata, ungkapan sayang berupa pelukan dan sentuhan dari ayah akan berdampak positif untuk anak

3. Makan malam bareng

"Ayah harus menyempatkan diri menunjukkan kasih sayang dengan membelai dan memeluk anak serta menyempatkan waktu untuk dapat makan malam bersama dan berdoa bersama setiap malam."

Pasalnya, melalui makan malam bersama, tambahnya, anak dapat merasakan kehangatan dan kedekatan di antara anggota keluarga. Selain itu, momen ini dapat juga dijadikan ajang mengobrol antar anggota keluarga mengenai kegiatan masing-masing di hari itu.

4. Seimbangkan

Selain menyeimbangkan kesibukan pekerjaan dan memberikan perhatian untuk buah hati, jangan lupa untuk selalu menunjukkan kekompakan didepan anak. Ibu, dalam hal ini, juga dapat mendukung peran ayah dalam tumbuh kembang anak. 

"Mendukung setiap bentuk atau usaha yang ditunjukkan oleh ayah untuk anak. Jangan sampai hal yang diterapkan oleh ayah berlawanan atau berbeda dengan yang diterapkan oleh ibu."  

Sebab meski cinta seorang ayah kadang tak terlihat, tapi setiap anak pasti dapat merasakan nasihat dan perjuangan ayah yang selalu menyertai langkah kehidupannya kelak.

Menyambut Hari Ayah Nasional pada 12 November ini, sudahkah Sahabat NOVA menyampaikan rasa bangga dan terimakasih pada ayah atas segala kerja keras mereka untuk kebahagiaan keluarga? 

Yuk, tunjukkan kata cinta dan dukunganmu untuk Ayah dengan berbagi momen spesialmu bersama Ayah di sosial media dengan tagar #AYAHTAKMENYERAH dan dukung kampanyenya di sini

Tak pernah ada kata terlambat untuk menunjukkan rasa sayang tersebut. Simak juga inspirasinya dalam video berikut!

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×