Beri Anak Tabir Surya Saat Cuaca Panas? Perhatikan Kandungan Ini

Editor: Ade Ryani HMK / nova.id
Jumat, 17 Maret 2017
Foto : ISTOCK
Beri Anak Tabir Surya Saat Cuaca Panas? Perhatikan Kandungan Ini

Kita memang disarankan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap kita beraktivitas di luar ruangan. Pun pada anak-anak yang juga disarankan untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Namun, kita sering lalai dengan memberikan tabir surya yang biasa kita gunakan untuk dipakai pada anak kita. Padahal, ada kandungan di dalam tabir surya yang dipakai oleh dewasa yang tak baik untuk kesehatan kulit anak.

Baca: Lihatlah Dampak pada Wajah Karena 10 Menit Terpapar Polusi dan Matahari

Dr. dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD menjelaskan, anak seharusnya diberikan tabir surya khusus anak.

“Untuk anak, yang baik adalah physical sunscreen yang biasanya mengandung titanium dioxide dan zinc oxide,” jelas dokter yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini.

Sebenarnya, saat ini kita sudah lebih mudah memilih produk tabir surya untuk anak, karena sudah banyak produk tabir surya khusus anak dengan label atau merk tertentu.

Baca: Manakah yang Lebih Bahaya, Sinar UVA atau UVB?

Anak tidak dianjurkan untuk menggunakan tabir surya yang biasa dipakai oleh dewasa, karena mengandung bahan-bahan kimia yang bisa menyebabkan photoallergic. Photoallergic atau photoallergic eruption adalah alergi pada sinar matahari. Alergi ini muncul sebagai reaksi kulit terhadap sinar matahari karena penggunaan bahan kimia pada kulit.

Dan yang perlu diingat, anak yang sudah diperbolehkan menggunakan tabir surya adalah anak dengan usia minimal 6 bulan.

Penulis : Dionysia Mayang