Ibu, 5 Cara Ini Bisa Membuat Anak Disiplin dan Percaya Diri Sejak Dini

  • Senin, 19 Juni 2017 11:00 WIB

Ibu, 5 Cara Ini Bisa Membuat Anak Disiplin dan Percaya Diri Sejak Dini | istock

Sebagian ibu ada yang membiarkan anak mereka melakukan apa saja yang diinginkannya. Apakah langkah tersebut sudah benar?

Memang benar bahwa kita harus membiarkan anak-anak membuat pilihan sendiri, namun sama pentingnya melatih mereka untuk mengambil keputusan yang bijak. 

Saat anak masih berusia balita, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk membantu anak tumbuh menjadi manusia yang baik dan disiplin di masa depan.

Namun, tentu saja mendisiplinkan anak tidak berarti kita memaksakan kehendak pada mereka. Kehidupan yang disiplin akan menghasilkan sikap mandiri dan bertanggung jawab.

Bagaimana caranya agar lebih mudah mendisiplinkan si Kecil?

1.Lakukan Gaya Hidup Sehat

Lakukan dan tanamkan gaya hidup sehat sejak kecil. Beritahu anak apa saja asupan yang baik untuk mereka, olahraga yang menyehatkan, cuci tangan sebelum makan, mandi dua kali sehari, menjaga kebersihan lingkungan, dan sebagainya.

Rutinitas bersih dan sehat ini perlu kedisiplinan dan akan berkontribusi pada kemampuan mereka membuat pilihan yang sehat dan tepat. Sebagai orang tua, tentu kita harus memberikan contoh pada mereka saja, bukan hanya menyuruh.

(Baca: Mau Anak Mandiri Hingga Dewasa? Yuk, Latih Sejak Usia Ini)

2.Kembangkan Keterampilan Sosial

Melatih agar anak menjadi makhluk sosial yang baik harus dimulai sedini mungkin. Anak-anak yang penyayang, peka terhadap sekitarnya, mau berbagi dan berempati, suka menolong, bisa bekerja sama, dan mudah bersosialisasi akan tumbuh sebagai manusia disiplin yang baik dan akan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

3.Kebiasaan Makan yang Baik

Ternyata melatih kebiasaan makan yang baik berpengaruh pada kedisiplinan anak kelak. Sebaiknya orang tua mengajari anak-anaknya cara makan yang baik dan menghargai makanan yang mereka dapatkan.

Ajarkan juga mereka memilih makanan sehat untuk tubuh mereka dan memberi tahu efek samping makanan tidak sehat, termasuk fast food, terhadap kesehatan mereka.

4.Jauhi Kebiasaan Buruk 

Anak-anak yang diajarkan kedisiplinan sejak kecil cenderung tidak menerapkan kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok atau kecanduan obat-obatan terlarang. Dasar-dasar ini harus dimulai saat mereka balita. 

(Baca: 7 Strategi Membuat Balita Disiplin)

5. Konsep Diri Positif

Selalu tanamkan konsep diri yang positif pada anak. Orang tua jangan selalu memarahinya karena anak anak akan tumbuh menjadi anak penakut.

Jika anak melakukan kesalahan, lebih baik beritahu dimana letak kesalahannya dan bekerja samalah untuk memperbaikinya.

Anak yang memiliki konsep diri positif akan lebih mau belajar untuk disiplin, lebih percaya diri dengan kemampuannya, dan mampu membuat keputusan yang kreatif.

Reporter : Menda Clara Florencia
Editor : Sukma Ratih

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×