Ibu, Ikuti 6 Langkah Mudah Agar Anak Terhindar dari Sakit Tenggorokan

  • Senin, 24 Oktober 2016 00:00 WIB

Mulut adalah gerbang masuk penyakit. Ikuti 6 langkah mudah agar anak terhindar dari sakit tenggorokan. | istock

Selain dirinya sendiri, para ibu tentu selalu ingin memastikan semua anggota keluarganya sehat agar bisa beraktivitas dengan baik. Namun, kondisi cuaca, debu, dan faktor gaya hidup terkadang membuat virus dan penyakit rentan datang. Terutama pada anak-anak.

World Health Organization (WHO) menyebutkan, ada 4 gangguan kesehatan yang sering menyerang anak, yaitu flu, radang tenggorokan, diare, dan tifus.

Ketika perubahan cuaca kian tak menentu, keluhan yang paling mudah ditemui adalah gangguan pada tenggorokan. Tak jarang setelah itu timbul penyakit berupa flu, sakit kepala, gangguan pencernaan, dan sebagainya.

Selain faktor ekternal, kondisi tubuh yang menurun turut dipengaruhi jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti makanan berminyak dan pedas, minuman dingin, atau asupan yang kurang terjaga kebersihannya.

Di samping itu,rongga mulut yang kotor juga jadi pemicu mudahnya seseorang terserang penyakit. Sayangnya, tak semua orang menyadari mulut menjadi gerbang utama penyakit. Padahal, sekitar 90 persen materi masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Saat daya tahan tubuh anak berkurang, virus pun mudah menyerang. Gejala yang paling mudah dikenali adalah timbul rasa gatal dan nyeri seperti ada benjolan pada tenggorokan.

Ketika tenggorokan terasa gatal, kita sering menduga itu adalah tanda awal radang atau flu. Faktanya lebih dari 85 persen keluhan tersebut disebabkan oleh kuman (biasanya virus, dan kadang-kadang bakteri) yang dengan cepat berkembang biak dan menyebar.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dan penularannya melalui butiran halus air ludah (droplet) yang mengandung kuman yang ada di udara dan terhirup saat bernapas.

Gejala selanjutnya adalah demam, sakit tenggorokan, batuk, rasa linu pada otot, sakit kepala, serta keluar air mata tapi mata tak berwarna merah. Jika berlangsung lebih dari 1-2 hari anak-anak pun akan menolak makan karena rasa tak nyaman, tampak lemas, dan jadi rewel.

Namun, sebelum keluhan gatal pada tenggorokan makin memburuk dan mengganggu aktivitas anggota keluarga Anda, alangkah baiknya mencegah hal itu terjadi.

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×