3 Aturan Sarapan Sehat untuk Tubuh Langsing dan Ideal

  • Senin, 16 Februari 2015 16:07 WIB

Tabloidnova.com - Semua orang pun tahu, jika ingin menurunkan berat badan seseorang perlu memiliki pola makan yang sehat dan bergerak lebih banyak.

Namun itu saja tak cukup. Sebab salah satu kunci terbaik untuk mendapatkan badan tetap sehat sekaligus memiliki bentuk tubuh yang langsing adalah sarapan setiap pagi!

Banyak studi menyimpulkan, sarapan membuat tubuh langsing karena akan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Sehingga, akan memudahkan Anda memulai hari dengan lebih semangat.

Dan tak hanya itu, kabar baiknya adalah bagi mereka yang tak pernah melewatkan jam makan pagi atau sarapan, maka mereka akan membuat tubuhnya senantiasa langsing. Hal ini pun berlaku bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Tapi tentunya bukan sembarangan. Simak 3 aturan sarapan sehat agar tubuh tetap langsing.

1 Jangan Mundurkan Jam Sarapan!
Banyak studi menemukan, sarapan dapat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap aktif bekerja. Jadi, pastikan segera sarapan selang 30 - 60 menit setelah bangun pagi, agar manfaat dari sarapan yang memiliki potensi membakar lemak secara penuh dalam tubuh akan Anda dapatkan.

Sarapan juga membuat Anda tak akan merasa kelaparan di siang dan malam hari. Pasalnya saat kelaparan, Anda bisa terpicu untuk makan lebih kalap dengan menu yang tak sehat akibat 'lapar mata'. Sarapan membantu Anda semangat menjalani aktivitas pagi hingga siang hari, sehingga Anda dapat menentukan menu makan siang dan malam yang lebih sehat.

2 Pilih Menu yang Mengandung Banyak Protein
Sarapan dengan menu yang tinggi protein seperti telur rebus dan segelas yogurt atau smoothies, bisa menangkal rasa lapar hingga menjelang siang. Alhasil, ini dapat membantu Anda makan lebih sedikit. Dampaknya, tentu saja menurunkan berat badan.

Sebuah studi menemukan fakta, wanita yang sarapan telur akan kehilangan berat badannya dua kali lipat dari wanita lain yang memilih sarapan dengan menyantap setangkup roti. Protein dalam telur dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, sehingga membantu Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Makanan yang tinggi protein juga sangat cocok bagi Anda yang sangat aktif, karena protein mampu menambah. Maka bisa dibilang, metabolisme tubuh usai mencerna jenis makanan ini akan menjadi lebih lambat dibandingkan menu makanan lainnnya.

3 Tambahkan Pisang dalam Menu Sarapan
Sarapan dengan menu makanan yang mengandung tinggi tahan pati alias Resistant Starch (RS), dapat membantu perut Anda tetap terasa penuh dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga mengubah lemak menjadi energi.

Makanan yang mengandung tinggi RS di antaranya adalah pisang dan gandum atau oatmeal. Jadi, cobalah membuat menu Oatmeal Banana Nut sebagai menu sarapan rutin yang dijamin lezat sekaligus dapat membantu Anda mencapai target penurunan berat badan.

Intan Y. Septiani/Health

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×