5 Tips Menikmati Hidangan Natal Tanpa Takut Gemuk

  • Selasa, 16 Desember 2014 15:26 WIB

TabloidNova.com - Di belahan dunia mana pun, perayaan Natal adalah momen di mana akan terdapat banyak sajian istimewa, entah itu saat menghadiri undangan makan malam bersama keluarga, teman, maupun pesta yang diadakan oleh kantor.

Dampaknya, bukan hanya soal keuangan saja yang terkuras karena harus menyiapkan berbagai hidangan, tapi juga kesehatan. Anda tentu mahfum, sajian pada setiap perayaan, terutama Natal, tentu akan penuh dengan menu tinggi kalori, lemak, dan gula.

Maka dari itu, perlu diperhatikan asupan yang Anda konsumsi pada saat menghadiri kumpul keluarga atau pesta perayaan Natal. Menurut penelitian di Amerika Serikat, setiap memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru, warga AS akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak minimal 0,5 kg di akhir Desember.

Penyebabnya, tak lain dan tak bukan karena mereka menyantap aneka makanan dan minuman yang mengandung tinggi kalori, lemak, dan gula secara berlebihan, saat menikmati hangatnya suasana Natal bersama orang-orang terkasih.

Nah, agar Anda tetap bisa menikmati hidangan Natal tanpa takut gemuk, ada baiknya ikuti 5 tips berikut ini:

#1 Batasi Makan Daging! 
Pada perayaan Natal, setiap orang biasanya akan sering menyantap aneka sajian berbahan daging. Ditambah lagi, bila Anda juga ikut menghadiri pesta BBQ jelang pergantian tahun, yang akan membuat Anda kalap menyantap aneka daging dan seafood bakar.

Agar tidak kalap, sebaiknya cobalah makanan berbahan daging seperlunya saja, jangan sampai kekenyangan. Atau, jika di hari ini Anda sudah makan terlalu banyak daging, esok harinya ganti menu makanan dengan aneka salad buah atau sayur.

#2 Selektif Memilih Sajian yang Terhidang
Waspada selalu saat menyantap aneka makanan dan minuman yang tersaji di pesta Natal dan Tahun Baru. Banyak survei membuktikan, sajian Natal dan Tahun Baru akan selalu mengandung tinggi kalori, lemak, dan gula.

Keputusan ada di tangan Anda! Ingat selalu, jika tak ingin pakaian baru Anda menjadi kekecilan di tahun yang baru, sebaiknya Anda mulai selektif memilih makanan pada jamuan makan Natal dan Tahun Baru.

#3 Hindari Terlalu Banyak Minuman Beralkohol
Alkohol mengandung kalori tinggi, dan dapat memancing Anda untuk menyantap hidangan lain yang memang cocok untuk disajikan bersama segelas minuman beralkohol. Entah itu cake, gorengan, atau makanan mengandung lemak lainnya.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×