Ingin Kurus? Hindari 3 Makanan Penyebab Kegemukan

  • Jumat, 30 Januari 2015 17:39 WIB

Tabloidnova.com - Sejak beberapa tahun belakangan, obesitas menjadi masalah baru dalam hal pemenuhan gizi. Bila sebelumnya hanya isu kekurangan gizi yang menjadi masalah gizi secara nasional, kini malah hadir beban ganda yang menjadi tugas bersama terkait gizi. Yakni, masalah orang yang kekurangan gizi sekaligus kelebihan berat badan.

Padahal, ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa dicoba dan dipilih yang dirasa sesuai. Salah satunya dengan berolahraga serta menghindari tiga makanan penyebab kegemukan. 

Seperti yang dikatakan oleh dr. Purusthothaman Munirathinam, bahwa siapapun tidak akan bisa berhasil menurunkan bobot tubuh secara maksimal dalam cara yang sehat jika tidak menjauhi konsumsi minyak, gula, dan tepung. Ketiga unsur bahan makanan ini, bila dikonsumsi berlebihan, jelas membawa dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

"Detoksifikasi tubuh tidak akan berfungsi sempurna dan sulit mencapai hasil jika tidak diiringi diet makanan yang mengandung gula, tepung, dan minyak. Ganti ketiga unsur bahan tersebut dengan sayuran dan buah segar setiap hari serta berolahraga rutin," saran dr. Puri saat peluncuran buku Langsing dan Awet Muda dengan Detoks Yoga di Toko Buku Gramedia, Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (27/1) lalu.

Mengapa demikian? Pasalnya, kandungan amylopectin A pada terigu memicu kegemukan. Alasan lainnya adalah karena terigu mengandung gluten penyebab pembengkakan yang membuat perut mengembang dan lebih besar.

Sedangkan gula membentuk lemak perut. Konsumsi gula berlebihan akan menyumbang asupan kalori yang seharusnya didapat dari makanan lain yang mengandung banyak zat gizi. Sehingga tanpa disadari, asupan kalori jadi melebihi batas kalori yang dibutuhkan. Lebih lanjut, ini berdampak pada kenaikan berat badan. 

Kemudian, mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan bisa menghambat proses pencernaan. Pasalnya, makanan berminyak seperti gorengan mengandung lemak yang berkaitan dengan lingkar pinggang serta bobot tubuh. Efek lain makanan berminyak dapat menyebabkan penyakit kolesterol, jantung, dan stroke.

Ridho Nugroho

Foto-foto: Muscleandfitness / Weightloss 

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×