Mau Diet Berhasil dengan Cepat? Ini 6 Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi

  • Jumat, 17 Februari 2017 17:45 WIB

Mau Diet Berhasil dengan Cepat? Ini 6 Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi | thecherryshare

Dalam menjalankan diet, ada banyak faktor untuk menentukan keberhasilan kita mengurangi berat badan. Misalnya, olahraga agar dapat meningkatkan daya serap nutrisi secara signifikan. Dengan durasi 60 menit, pilihlah olahraga intensitas sedang-tinggi seperti olahraga angkat beban, bela diri, kalistenik, dan renang.

Selain itu, orang yang sedang berdiet juga disarankan tidur teratur dan tidak begadang. Cukupi kebutuhan tidur minimal 6-8 jam sehari untuk menjaga metabolisme tubuh.

Nah, dari segi makanan, bagi Anda yang mau diet berhasil dengan cepat sebaiknya pahami 6 jenis makanan yang harus dikonsumsi berikut ini:

Hindari atau batasi junkfood.

Makanan ini mengganggu bakteri sehat di pencernaan. Kelebihan mengonsumsi gorengan, makanan tinggi pengawet, pemanis, atau pewarna dapat mengakibatkan tubuh mudah sakit dan dapat memicu inflamasi (peradangan) kronis.

Contoh makanan tinggi kalori yang sehat, avokad, produk roti-rotian, butter, daging bebek, dan daging sapi (sirloin), ikan seperti salmon dan gindara, pasta, keju, santan, tape singkong, kacang-kacangan, kuaci, kismis, flax seed, chia seed, durian, dan kurma.

Baca: Ikuti 3 Cara Mudah yang Bikin Diet Berhasil dalam Waktu Cepat

Konsumsi buah dan sayur.

Wajib mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Keduanya adalah sumber prebiotik atau makanan untuk bakteri pada sistem pencernaan. Semakin sehat pencernaan, maka semakin baik daya serapnya.

Tambah lemak sehat.

Seperti olive oil, coconut oil, kacang, keju, atau alpukat saat makan sayuran. Fungsinya adalah membantu penyerapan vitamin dan mineral pada sayur, terutama vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.

Baca: Timbulkan Masalah Psikologis, Diet Tidak Boleh Dilakukan di Usia Ini

Minuman probiotik atau yoghurt.

Ini dapat membantu memperbaiki daya serap pencernaan.

Kombinasi Probiotic + prebiotic.

Keduanya akan membentuk sinbiotik atau kombinasi sinergi terbaik agar sistem pencernaan bekerja optimal.

Konsumsi synbiotic food.

Mengonsumsi makanan sinbiotik setiap hari selain membantu pencernaan, juga berperan besar atas daya tahan tubuh. Tubuh tidak mudah terserang penyakit atau infeksi.

Contoh gabungan makanan yang memiliki efek synbiotic untuk membantu si kurus yang bermasalah dengan pencernaan adalah yoghurt + buah, kimchi + sayuran, tempe + sayuran, tauco + sayuran, tape singkong, acar, kefir.

Noverita K. Waldan/NOVA.id

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×