Sudah Tahu Sayuran Paling Bergizi yang Perlu Anda Coba?

  • Senin, 15 Desember 2014 17:46 WIB

TabloidNova.com - Sejak lama Anda pasti tahu, sayuran memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Namun apakah Anda tahu sayuran mana saja yang memiliki khasiat yang paling baik untuk tubuh?

Nah, agar Anda tak ragu lagi untuk selalu menambahkan menu sayuran dalam menu harian Anda, ada baiknya Anda ketahui sayuran paling bergizi yang perlu Anda coba.

Brokoli
Brokoli adalah sayuran hijau yang mengandung banyak antioksidan pelawan kanker, termasuk beta-karoten, vitamin C, dan folat yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, membuat suasana hati lebih bahagia, dan mengurangi risiko katarak dan penyakit jantung. Brokoli juga merupakan sumber yang sangat mengagumkan sebagai serat yang larut dan tidak larut.

Wortel
Wortel oranye pada umumnya merupakan sumber utama beta-karoten. Sedangkan wortel merah memiliki lycopene ekstra, dan wortel ungu lebih tinggi kandungan antioksidannya.

Apakah Anda tahu memasak wortel akan membuat nutrisi yang terkandung di dalamnya menjadi lebih bioavailable untuk tubuh Anda? Wortel yang dimasak memiliki nutrisi sangat baik untuk diserap tubuh, terutama jika dimakan dengan sedikit lemak. Disarankan untuk menumis wortel dengan minyak zaitun!

Bayam
Makanan favorit tokoh kartun Popeye ini merupakan sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin paling lengkap yang dapat Anda temukan di dalamnya. Bayam juga memiliki karotenoid anti-kanker dan merupakan sumber zat besi. Namun ingat, jangan terlalu lama memasak dan menyimpan bayam yang sudah dimasak, karena Anda akan kehilangan banyak nilai gizi di dalamnya.

Tomat
Nah, Anda pasti sudah tahu tomat juga bukan sekadar sayuran, melainkan juga buah-buahan. Namun demikian, banyak orang menggunakannya sebagai sayuran. Beruntung sekali bagi penyuka tomat, karena buah ini mengandung tinggi lycopene dan vitamin yang sangat berlimpah sebagai pelawan kanker yang efektif.

Sawi Hijau
Sayuran yang mudah didapat ini telah menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan campuran berbagai menu masakan berkuah atau tumisan. Bukan hanya lezat disantap, sawi hijau juga mengandung sumber antioksidan tuinggi, termasuk vitamin A, C, dan K, juga fitonutrien yang dianggap sebagai nutrisi pelawan kanker.

Buah Bit
Sayuran yang memiliki warna cerah dan berwarna-warni ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah buah bit. Buah bit yang berwarna merah seperti ubi, merupakan sumber unik fitonutrien yang disebut betalains yang sangat tinggi. Zat ini berfungsi untuk mendukung anti-inflamasi dan detoksifikasi. Cobalah menyantap irisan bit dalam keadaan mentah untuk campuran salad yang penuh gizi.

Ubi Jalar
Ubi yang memiliki aneka warna seperti oranye, putih, atau ungu, mengandung beta-karoten, mangan, juga vitamin C dan E. Selain mengenyangkan dan dapat dijadikan pengganti nasi, ubi juga memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan kentang.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×