Pil KB Bikin Rahim Kering

  • Rabu, 25 Maret 2009 15:56 WIB

dr. Arju yang baik,
Dok, saya menikah sekitar 9 bulan lalu. Saya (22) dan suami (26) sepakat menunda program punya anak. Kami merasa belum siap karena masih sama-sama sibuk kerja, dan ini adalah keputusan bersama. Saat ini saya menggunakan pil KB. Tapi akhir-akhir ini saya sering gelisah karena selalu mendengar omongan orang tentang KB bagi perempuan yang belum pernah melahirkan.

Apakah menggunakan KB sebelum melahirkan akan membuat rahim menjadi kering sehingga akan susah punya anak nantinya? Saat ini saya pakai pil KB Dianne. Apakah KB juga bisa menganggu pertumbuhan hormon sehingga bisa menyebabkan kemandulan? Saya segan berkonsultasi langsung ke dokter spesialis karena takut dimarahi.

Dok, alat kelamin suami ukuranya kecil sekali. Dalam keadaan normal panjangnya +/- 3 cm dan saat tegang panjangnya hanya +/- 10 cm, dengan diameter +/- 2,5-3 cm. Berat tubuhnya 84 kg dengan tinggi 168 cm. Apa yang menyebabkannya demikian, Dok? Apakah karena faktor keturunan, dan apakah itu wajar, Dok? Apakah ukuran kelamin suami bisa berpengaruh pada kemandulan?

Apakah seorang pekerja berat akan sulit mendapatkan keturunan? Suami saya seorang mekanik alat berat, yang tentu saja pekerjaannya pun berat-berat. Saya berharap Dokter bisa menjelaskan agar kami bisa mendapat masukan yang baik. Terima kasih.
Ny. J - Pangkal Pinang

Ny. J - Pangkal Piang, Anda menggunakan KB hormon yang mengandung hormon sintetik (buatan). Hormon tersebut bekerja menekan terjadinya pengeluaran sel telur dari indung telur (Ovarium), lendir di mulut rahim bertambah kental sehingga menghambat jalannya sperma, mempengaruhi kecepatan transport sel telur melalui saluran indung telur.

Secara keseluruhan, pemberian hormonal melalui sistim KB akan mengubah proses dalam tubuh sehingga tak terjadi pengeluaran sel telur dari indung telur. Jadi, bukan berarti rahim Anda kering karena pemakaian KB hormon.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×