Vagina Tak Berlubang

Editor: nova.id / nova.id
Jumat, 10 Februari 2012
Foto :

Putri saya (9 bulan), BB 9 kg dan TB 69 cm. Saat ini perkembangan motoriknya tampak normal dan ia sudah bisa berdiri serta berjalan pelan-pelan. Beberapa saat lalu saya ke dokter di kota kami dan dokter tersebut menemukan kejanggalan pada vagina anak saya. Katanya, vaginanya tidak berlubang (buntu) dan kelainan ini pasti sudah ada sejak lahir.

Dokter tersebut menyarankan untuk operasi setelah usia 10 tahun nanti menjelang menstruasi. Apakah penyebab kelainan ini? Mengapa untuk operasinya harus menunggu sekian lama? Adakah dampaknya bila operasi ditunda sekian lama? Ke dokter apakah saya harus membawanya nanti?

Misna -­  Jatim

Bayi perempuan sejak lahir sudah mempunyai selaput dara. Selaput dara ini merupakan "gerbang masuk" ke vagina. Biasanya di selaput dara tersebut ada celah atau lubang kecil yang kelak berfungsi sebagai tempat keluarnya darah menstruasi.

Seperti yang dialami putri Ibu, kadang selaput dara tidak mempunyai celah atau lubang sama sekali. Pada saat sebelum timbulnya menstruasi, hal ini umumnya tidak bermasalah, tapi jika saat menstruasi tiba, maka darah menstruasi tak dapat keluar sehingga dapat menimbulkan demam dan sakit perut. Putri Ibu karena masih kecil, belum membutuhkan tindakan apa-apa selama tak ada gejala.

Operasi sebaiknya dilakukan saat menjelang usia menstruasi, bisa pada usia sekitar 10 tahun dan biasanya dikerjakan oleh dokter ahli kandungan. Menunda operasi sampai usia tersebut umumnya tak menimbulkan masalah.

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

Populer