10 Makanan untuk Kurangi Kerusakan Paru-paru Akibat Asap Rokok

  • Selasa, 23 Agustus 2016 17:30 WIB

Hindari dampak buruk sebagai perokok pasif dengan konsumsi makanan bergizi | iStock

Dilarang merokok. Rasanya amat familiar, ya, dengan peringatan ini. Namun, sayangnya tak semua tempat umum steril dari asap rokok. Bahkan, di lingkungan rumah pun Anda belum tentu dapat menghindari paparan polusi sebagai perokok pasif.

Padahal, begitu banyak informasi yang menyebutkan dampak negatif rokok bagi tubuh. Sejumlah bahan kimia yang dipengaruhi oleh rokok diantaranya endorfin, serotonin, norepinefrin, dan dopamin.

Kemampuan nikotin mengubah bahan kimia ini menjelaskan perubahan perasaan cemas  ketika seseorang memulai terapi berhenti merokok. Perubahan kimia ini juga memperburuk sakit kepala yang sudah terjadi. Bahkan, batuk kronis, infeksi pada paru-paru atau kanker paru-paru juga dapat terjadi.

Baca: Ingin Pasangan Berhenti Merokok? Ini Caranya!

Agar terhindar dari bahaya paparan asap rokok yang Anda temui sehari-hari, tak ada salahnya rajin mengonsumsi 10 makanan yang menyehatkan paru-paru berikut. Yang menyenangkan, Anda juga bisa menyajikannya sebagai minuman bersama pasangan atau orang terdekat yang berniat berhenti merokok untuk mengurangi kerusakan pada paru-paru mereka.

Dilansir dari BOLDSKY, ini lah asupan bermanfaat tersebut:

1. Wortel

Jus wortel sangat penting dalam diet bagi mantan perokok karena membersihkan paru-paru atau diet alkalin. Dengan rutin meminumnya tubuh akan melakukan detoksifikasi alami untuk mengeluarkan racun didalam darah dan juga organ tubuh. Wortel juga kaya akan vitamin A, C, K and B untuk memperbaiki dan menyembuhkan gangguna pada tubuh.

Baca: 13 Kerugian Lain dari Merokok

2. Jeruk Bali

Jeruk Bali sama seperti halnya jeruk membersihkan paru-paru segera setelah berhenti merokok. Risiko menderita kanker paru-paru akan menurun jika Anda mengonsumsinya.

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×