13 Langkah Mudah Agar Mata Tetap Sehat Meski Sering Menatap Layar Komputer

  • Senin, 3 Oktober 2016 13:00 WIB

13 Langkah Mudah Agar Mata Tetap Sehat Meski Sering Menatap Layar Komputer | istock

Sulit berkonsentrasi dan produktivitas menurun? Boleh jadi ada gangguan pada mata Anda.

Ya, tak sedikit perempuan usia produktif mengalami masalah pada indera penglihatannya, sehingga seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, bila sudah muncul gejala masalah pada mata, sebaiknya tidak dianggap sepele.

Menurut dr. Kantika Prinandita, Sp.M dari RS Hermina Bogor, ada beragam masalah pada mata yang sering dialami orang dewasa, terutama di usia produktif.

“Gangguan yang sering terjadi antara lain mata lelah (astenopia), Computer Vision Syndrome(CVS), gangguan refraksi dan mata kering (dry eye).”

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata untuk usia produktif ini? Berikut beberapa hal yang penting diperhatikan:

1. Tidak melakukan pekerjaan dekat secara terus-menerus. Pada saat melakukan pekerjaan dekat, mata akan berakomodasi. Akomodasi pada mata yang terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan mata menjadi cepat lelah.

Baca: Sepuluh Penyakit Mata Pada Anak

2. Sebaiknya setiap 30 menit melakukan pekerjaan dekat (seperti membaca, menjahit atau menatap layar monitor) diselingi dulu dengan aktivitas melihat jauh (lebih dari 6 m). Bisa diselingi dengan melihat ke pojok-pojok ruangan atau melihat keluar jendela. 

Bisa juga diterapkan aturan 20-20, yaitu 20 menit menatap objek dekat dan diselingi 20 detik beristirahat melihat objek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter.

Tidak perlu meninggalkan tempat duduk atau layar monitor, hanya memalingkan pandangan sejenak untuk mengistirahatkan mata dan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×