6 Makanan Pencegah Risiko Kanker Paru-paru di Usia Muda

  • Senin, 29 Februari 2016 13:15 WIB

6 Makanan Pencegah Risiko Kanker Paru-paru di Usia Muda | Dailymail

Selain kanker payudara dan serviks, kanker paru-paru merupakan penyakit yang mematikan. Menakutkannya, kanker paru-paru umumnya lambat untuk dideteksi dan baru diketahui pada tahapan akhir ketika kanker sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Seperti yang dilansir oleh lungcancer About, berikut 6 makanan pencegah risiko kanker paru-paru di usia muda:

Apel
Kabar baik bagi Anda yang suka mengonsumsi apel. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Plos One menemukan, asupakan flavonoid, yang banyak terkandung dalam apel, dapat memimalkan risiko kanker paru-paru. Asupan total flavonoids, flavonols, flavones, dan flavanones, dikaitkan dengan penuruan risko kankaner yang disebabkaan oleh rokok

Bawang putih
Pada tahun-tahun lalu, peneliti menemukan bahwa bawang putih memiliki efek antikanker bagi hewan. Tapi baru-baru ini sebuah studi di Tiongkok menemukan, orang yang mengonsumsi bawah putih mentah dua atau lebih dari satu minggu, dapat meminimalkan risiko kanker paru-paru sebanyak 44 persen.

Hal ini dikarenakan oleh zat yang bernama sulphide yang terkandung dalam bawang putih. Namun, kandungannya akan berkurang bila bawang putih dimasak.

Baca: Penderita Kanker Paru-paru Termuda Karena Polusi Udara

Brokoli
Ternyata bukan hanya buah saja yang dapat menurunkan risiko kanker paru-paru. Sayuran seperti brokoli juga memiliki efek yang sama. Senyawa dalam sayuran ini yaitu glucosinates dapat mengurangi risiko kanker paru-paru sebanyak 32 persen, terutama pada wanita. Tenang saja bagi kita yang tidak menyukai brokoli. Masih ada beberapa alternatif sayuran lainnya. Seperti kembang kol, lobak, kale, dan bak choy.

Ikan
Mengonsumsi ikan dapat memproteksi tubuh kita terhadap kanker paru-paru. Ikan dapat menurunkan risiko kanker paru-paru secara signifikan, menurut kajian dan analisis studi yang dilakukan sampai 2012.

Baca: Efek Perokok Pasif pada Fungsi Paru-paru Anak Akibat Terpapar Pestisida

Bagi kita yang sering mengonsumsi ikan, risiko kanker paru-paru akan turun sebesar 21 persen. Tentu saja penurunan risiko kanker paru-paru bukanlah satu-satunya khasiat dari omega 3. Omega 3 juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Paprika merah
Paprika merah serta cabai merah mengandung fitokimia yang disebut capsaicin. Dalam sebuah penelitian, zat inilah yang berperan sebagai ‘senjata’ dalam melawan kanker paru yang ada pada tikus karena terpapar zat kimia. Capsaicin menghilangkan sel-sel abnormal sebelum mereka berkembang, dan menjadi tumor kanker.

Rempah-rempah
Kita telah berbicara tentang makanan yang dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Tapi sejauh ini ada komponen penting yang kita tinggalkan. Yaitu, rempah-rempah yang menambah rasa pada makanan. Ternyata rempah-rempah juga memiliki peran yang sama. Rempah-rempah mediterranean seperti rosemary, sage, parsley, dan oregano, juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Rempah-rempah ini mengandung senyawa carnisol, yang melawan sel-sel abnormal menjadi kanker.

Saran terbaik, jangan lupa mengonsumsi 6 makanan pencegah risiko kanker paru-paru sejak dini di atas.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com
Sumber: Lynne Eldridge

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×