8 Faktor yang Meningkatkan Risiko Tertular Meningitis

  • Sabtu, 28 Maret 2015 17:33 WIB

TabloidNova.com - Perlu Anda tahu, penyakit meningitis atau radang selaput otak yang diduga menjadi penyebab meninggalnya komedian Olga Syahputra dapat menyerang siapa saja.

Ada sejumlah faktor yang meningkatkan risiko terserang meningitis. Merujuk pada situs kesehatan Webmd.com, berikut ini delapan faktor yang  meningkatkan risiko terserang meningitis:

1. Genetika. Beberapa orang mungkin mewarisi kecenderungan terkena meningitis. Jika mereka berhubungan dengan organisme yang dapat menyebabkan infeksi, mereka akan mudah terinfeksi.

2. Pria. Lebih banyak pria yang terkena meningitis dibandingkan perempuan.

3. Kondisi hidup yang penuh sesak. Orang-orang yang tinggal di perkampungan padat, tempat penitipan anak, sekolah, dan asrama sekolah atau perguruan tinggi lebih mungkin untuk mendapatkan meningitis.

4. Terekspos serangga atau hewan pengerat. Orang-orang yang tinggal atau kerap mengunjungi daerah yang banyak dijadikan tempat tinggal serangga atau tikus pembawa kuman, akan mudah terserang penyakit ini.

5. Tidak mendapatkan imunisasi di usia balita. Orang-orang yang tidak mendapatkan suntikan untuk gondok, penyakit Hib, atau infeksi pneumokokus sebelum usia 2 tahun, lebih memungkinkan untuk tertular meningitis.

6. Orang dengan usia lanjut yang belum mendapatkan vaksin pneumokokus, lebih memungkinkan terserang meningitis.

7. Tidak memiliki limpa. Organ ini merupakan bagian sistem kekebalan tubuh yang jika tidak bekerja dengan baik, membuat seseorang rentan terhadap meningitis.

8. Melakukan perjalanan ke daerah di mana meningitis umum terjadi. Misalnya, seseorang yang bepergian ke "sabuk meningitis " di sub-Sahara, Afrika, sangat disarankan untuk mendapatkan suntikan meningokokus.

Intan Y. Septiani/KOMPAS

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×