Begini Cara Mengetahui Gejala Stroke dan Penanganan yang Tepat

  • Senin, 20 Maret 2017 18:00 WIB

Begini cara mengetahui gejala stroke dan penanganan yang tepat.

Stroke menyerang mereka yang usianya masih tergolong muda. Gejala stroke dapat dikelompokkan menjadi dua bagian sesuai dengan definisi stroke, yaitu penurunan sebagian fungsi otak. Begini cara mengetahui gejala stroke dan penanganan yang tepat

Gejala ini ditandai dengan kurang fokus penglihatan, sudut bibir tidak simetris, berbicara pelo, kesulitan menelan terutama air, lengan atau dan kaki terasa lemah, pusing berputar dan sulit berkomunikasi.

Kelemahan lengan/tungkai adalah gejala yang paling sering diderita. Gejala penurunan fungsi otak secara menyeluruh ditandai dengan penurunan kesadaran secara mendadak.

Upaya pertolongan pertama bila seseorang menderita gejala stroke seperti yang telah disebutkan di atas adalah segera ke rumah sakit, walaupun gejala tersebut tampak ringan.

Semakin cepat penderita dibawa ke rumah sakit, diharapkan kerusakan sel-sel otaknya semakin dapat dicegah.

Seseorang yang mengeluhkan gejala mendadak seperti kesulitan menelan atau kesadaran menurun tidak diperbolehkan diberi makanan dan minuman.

Hal ini untuk mencegah supaya makanan dan minuman tidak masuk ke paru-paru penderita. Jika seseorang terkena stroke dengan gejala-gejala tersebut, maka penderita harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan rangkaian pemeriksaan fisik.

Di antaranya tekanan darah, denyut nadi, pernapasan suhu tubuh dan pemeriksaan sistem saraf pusat.

Selain pemeriksaan fisik, diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti elektrokardiogram (EKG), tes darah, rontgen thorax, CT scan otak.

Rangkaian pemeriksaan penunjang tersebut, kecuali CT scan, untuk mengetahui penyebab terjadinya serangan stroke.

Reporter : Marfuah Panji astuti
Editor : Marfuah Panji astuti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×