Duh! Keseringan Minum Teh Hijau Bisa Mengganggu Kesuburan

  • Kamis, 16 Februari 2017 21:15 WIB

Duh! Keseringan Minum Teh Hijau Bisa Mengganggu Kesuburan | Istockphoto

Banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi teh hijau secara rutin. Efek yang menenangkan, rasa yang nikmat, dan energi yang meningkat bisa didapat dari secangkir teh hijau.

Namun bila berlebihan, teh hijau bisa mengganggu kesuburan Anda. Maka lebih baik, Anda mengonsumsinya dalam batasan normal saja, ya!

Baca: Ingin Dapat Khasiat Lebih? Inilah 6 Cara Terbaik Minum Teh Hijau

Menurut riset dari Journal of Functional Food, konsumsi teh hijau berlebih bisa mempengaruhi kesuburan Anda dan bahkan pasangan Anda. Para ahli melakukan uji coba pada serangga buah betina dan jantan yang masing-masing diberi GTP dengan dosis 0mg, 2,5mg, 5mg, dan 10mg.

Yang mereka temukan adalah, serangga buah betina yang diberi GTP dengan dosis 10mg mengalami penurunan fungsi reproduksi yang signifikan. Selebihnya, keturunan yang dihasilkan dari serangga jantan dan betina dengan dosis GTP paling tinggi memiliki struktur ovarium dan testikel yang lebih kecil.

Secara keseluruhan, efek dari dosis tinggi GTP lebih besar pada serangga betina dibanding serangga jantan. Jadi, bila Anda sedang merencanakan untuk memiliki keturunan dalam waktu dekat atau bahkan sedang memasuki masa kehamilan, wajar saja bila harus lebih berhati hati dalam mengonsumsi tek hijau.

Baca: 4 Efek Buruk Jika Keseringan Minum Teh Hijau

Dan meski hasil penelitian ini belum diuji pada manusia, namun penelitian biasanya serangga buah dijadikan ujicoba karena memiliki sistem tubuh yang paling baik untuk menguji toksisitas obat-obatan.

Maka jika Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi teh hijau, minumlah dalam batas yang wajar. Jika ada keluhan, konsultasikan secara rutin pada dokter kandungan mengenai jenis asupan yang aman untuk dikonsumsi, termasuk teh hijau. 

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber: www.womenshealthmag.com  

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×