Ini Dia 10 Sayuran yang Akan Menjauhkan Berbagai Penyakit

  • Sabtu, 7 Februari 2015 19:43 WIB

Tabloidnova.com - Ya, Anda tentu saja tahu sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh. Banyak ahli juga mengatakan, dan pasti sudah sering Anda dengar, perbanyak makan sayuran akan membuat tubuh Anda lebih sehat, segar, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun tahukan Anda, sayuran apa sajakah yang paling baik dan memiliki manfaat baik hebat bagi tubuh Anda? Jika belum tahu, ini dia daftar sayuran yang memiliki nilai gizi paling tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya!

Brokoli


Brokoli adalah sayuran yang mengandung kaya antioksidan pelawan kanker, beta-karoten, vitamin C dan folat yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Brokoli mampu membuat Anda selalu bahagia karena dapat mengurangi risiko katarak, serta penyakit jantung. Brokoli juga merupakan sumber yang mengagumkan karena mengandung dua jenis serat, yakni serat yang larut dan tidak larut.

Wortel


Wortel oranye pada umumnya mengandung kaya betakaroten, sementara wortel pelangi memiliki kandungan penuh gizi lainnya. Sedangkan wortel merah memiliki zat lycopene ekstra, dan wortel ungu mengandung lebih tinggi zat antioksidan. Namun apakah Anda tahu, memasak wortel akan benar-benar membuat nutrisi yang dikandungnya jadi lebih bioavailable untuk tubuh? Nutrisi dalam wortel akan terserap lebih baik jika dimakan dengan sedikit lemak, sehingga Anda boleh menumisnya dengan minyak zaitun.

Bayam


Jangan mau kalah dengan Popeye! Sayuran berdaun hijau adalah salah satu jenis sumber makanan yang paling bervitamin yang dapat Anda temukan di dunia ini! Bayam juga memiliki karotenoid anti-kanker dan merupakan sumber zat besi. Tapi ingat, jangan terlalu lama menyimpan sayur bayam yangs udah dimasak, karena risikonya Anda akan kehilangan banyak nilai gizi.

Tomat


Nah, sebagian orang menganggap tomat adalah buah-buahan. Tapi sekarang perlakukan tomat sebagai sayuran juga. Tomat mengandung lycopene dan vitamin berlimpah yang membuatnya sebagai salahs atu sayuran atau buah pelawan kanker yang efektif.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×