Kesehatan Keluarga Dimulai dari Tangan (1)

  • Jumat, 25 Desember 2009 00:05 WIB

tangan

"Foto: Dok. NOVA "

Cuci tangan yang benar dapat mencegah penularan beberapa penyakit yang mengancam setiap hari. Terutama mencegah masuknya kuman dari makanan ke dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan sakit perut, diare dan demam. Menjaga kebersihan dan kesehatan bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun juga orang lain. Contoh saja, ibu yang menghabiskan sebagian waktunya di dapur yang membiasakan diri mencuci tangan sebelum memasak juga dapat mencegah orang lain terkontaminasi kuman dari makanan. Kebiasaan mencuci tangan dikombinasikan dengan kebersihan dapur, kehati-hatian akan risiko kontaminasi, serta cara memasak yang baik menurut penelitian, dapat menurunkan insiden keracunan makanan.

Saat Tepat Mencuci Tangan
Saat di dapur, tanpa disadari kita berkontak dengan beberapa alat dan permukaan yang berisiko memindahkan kuman. Alat-alat masak yang lama di udara terbuka, tempat-tempat tersembunyi yang kotor, peti penyimpanan perkakas masak yang berdebu, sisa masakan yang lengket disekitar kompor, dan sebagainya. Namun sebagai pendukung dan penjaga pola hidup sehat keluarga, tak perlu menghindari dapur hanya karena takut akan risiko kuman. Mulailah menerapkan cara baik mempersembahkan masakan untuk keluarga. Menjaga higienitas makanan untuk keluarga bukan hanya dimulai dari memilih bahan pangan yang bergizi, tetapi juga dari cara penyajian dan pengolahannya. Salah satu cara menjaga higienitas di dapur, dengan membiasakan diri mencuci tangan.

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan prosedur tertentu agar tak sia-sia dilakukan. Perhatikan timing dan cara mencuci tangan yang benar, agar manfaat mencuci tangan dapat maksimal.

Cucilah tangan sebelum, sesaat dan setelah menyiapkan masakan. Ini akan mencegah makanan terkontaminasi kuman sebelum dikonsumsi. Selain itu, upayakan sebisa mungkin mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan alat-alat dapur. Ingat, alat dapur juga bisa menjadi media perpindahan kuman. Begitu pula setelah mengosongkan atau mengambil alat dari kotak penyimpanan.

Nah, terakhir dan yang terpenting, cuci tangan sebelum menikmati hasil masakan.

Selain berkaitan dengan aktivitas di dapur, sebaiknya juga cucilah tangan setelah menggunakan toilet, bersin-bersin, batuk, membersihkan lubang hidung, bersentuhan dengan tanah, memegang hewan peliharaan dan mengganti popok bayi.

Laili Damayanti / NOVA

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×