Kesehatan Kulit Usia 0-50 Tahun (1)

Editor: nova.id / nova.id
Jumat, 25 Desember 2009
Foto :

cantik ilustrasi 3

"Foto: Dok. NOVA "

Seperti kita ketahui, kulit tubuh memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi dengan sendirinya. Jika terluka atau tergores, misalnya, kulit baru pun akan segera tumbuh menggantikan yang rusak. Dan setiap tujuh tahun sekali, sel-sel di tubuh akan berganti. Namun sejalan dengan bertambahnya usia, proses yang berlangsung secara alami ini tentu saja harus ditunjang pula dengan kemampuan kita menjaga kesehatan.

Karena itulah kita harus menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara teratur dan benar sejak dini. Kulit yang sehat bukan melulu diperoleh dari mandi atau menyabuni tubuh secara teratur. Makanan yang sehat, bergizi, dan bervitamin, juga sangat membantu. Demikian pula olahraga, minum air putih sebanyak-banyaknya, tidak merokok/minum alkohol, tidur yang cukup, serta menghindari stres, juga sangat berguna bagi kesehatan kulit serta tubuh kita.

USIA 0 - 7
Sejak lahir hingga usia 7 tahun kulit tubuh harus dibersihkan secara teratur dan benar untuk menghindarkan kulit kusam atau penuh bercak. Menurut ahli kulit, mandi saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan kulit. Untuk balita, baby oil dapa digunakan sebagai alat pelengkap untuk merawat serta membersihkan kulit tubuhnya.

Anak usia 7 tahun, umumnya belum bisa mandi secara "benar". Jadi, sebagai orangtua, partisipasi Anda sangat dibutuhkan. Misalnya membantu serta mengajarkan cara menggosok kotoran/daki, membersihkan bagian-bagian tubuh yang tersembunyi (seperti di balik daun telinga, di balik lutut, dan lainnya). Bantulah ia menggosok punggungnya serta bagian belakang tubuhnya yang lain.

Jangan lengah memperhatikan kesehatan kulit anak karena mungkin saja ia menderita alergi atau terkena dermatitis (infeksi/radang kulit) yang tentu saja memerlukan penanganan khusus. Jika perlu, konsultasikan ke dokter kulit.

Dok. NOVA

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.