Lakukan Gerakan Ini Saat Lelah dan Ingin Tenaga Segera Pulih Lagi

Editor: Marfuah Panji astuti / nova.id
Senin, 20 Maret 2017
Foto : BOLDSKY
Lakukan gerakan ini saat lelah dan ingin tenaga segera pulih lagi.

Seperti namanya, maka relaksasi manfaatnya adalah untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Lakukan dengan tenang jangan terburu-buru. Kita bisa melakukan dimana saja, tak butuh tempat yang luas. Lakukan gerakan ini saat lelah dan ingin tenaga segera pulih lagi.

Aktivitas yang padat di rumah, seharian bekerja di kantor, atau anak sekolah yang sibuk dengan belajar, tak ada salahnya melakukan relaksasi dan napas yang simpel.

 

Baca: Lakukan Gerakan Ini Dengan Tenang untuk Kurangi Sakit Kepala Anda

 

“Atau bisa juga lakukan diam sejenak, membawa kesadaran ke napas, seperti napas hidung. Dengan napas yang benar akan membuat rileks, fluktuatif pikiran akan tenang,” jelas Maya Tampilang, pengajar dari Rockstar Gym.

Relaksasi sangat mudah dilakukan kapan saja, baik di tempat kerja atau pada saat lalu lintas macet pun bisa dilakukan.

“Manfaatnya sangat banyak, Untuk pekerjaan menetralkan pikiran, napas lebih rileks. Kerjaan kan membuat napas berat dengan latihan ini napasnya akan dilatih untuk konsentrasi lagi.

Bahkan yoga yang dilakukan di rumah pada waktu senggang. Caranya dengan duduk sebentar, tenangkan pikiran. Sehingga saat suami dan anak-anak datang ke rumah suasana hari sudah asyik.

Itu karena napas yang benar, oksigen akan menarik ke dalam tubuh dan pikiran. Jadi, apapun yang dikerjakan berjalan lancar.

Dalam salah satu gerakan relaksasi, menggunakan pernapasan dengan hidung. Hidung sebelah kiri ada energi negatif sementara sebelah kanan ada energi positif.

“Dengan melakukan napas bergantian akan menyeimbangkan energi kiri dan kanan. Napas seimbang tersebut akan membawa efek tenang.”

Berapa lamanya waktu yang dibutuhkan, cukup lakukan selama 15 menit saja. Namun, jangan ditunda-tunda karena malas melakukan. Begitu ada waktu langsung dicoba.

Maya menyarankan untuk melakukan gerakan sederhana. “Tidak butuh ruang yang terlalu besar, kok, dimana saja bisa melakukan relaksasi. Iringi juga dengan lagu-lagu lembut agar seimbang.”

Salah satunya yang sangat simpel namun efektif adalah gerakan savasana yang seringkali dilakukan di akhir latihan, diakhiri dengan meditasi.

Sebenarnya ini bisa dilakukan sewaktu-waktu di luar latihan yoga. Misalnya, ketika lelah dan ingin segera memulihkan tenaga.

Manfaatnya banyak sekali seperti meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran sehingga dapat membantu melepaskan stres serta depresi ringan.

Selain itu, bisa merilekskan tubuh, menormalkan tekanan darah, detak jantung, dan mengatasi sulit tidur.

Penulis : Noverita