Manfaat Lain Es Batu: Hilangkan Gatal Karena Gigitan Nyamuk

  • Jumat, 24 Februari 2017 12:30 WIB

Mau hilangkan gatal akibat gigitan nyamuk? Coba gunakan es batu | shutterstock

Digigit nyamuk memang menyebalkan, karena setelah itu pasti akan ada bentol-bentol dan gatal. Bentol dan gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk itu ternyata berasal dari respon tubuh sebagai sistem imun terhadap air liur nyamuk yang tertinggal di kulit kita. Air liur nyamuk mengandung kadar enzim dan protein yang melewati sistem pembekuan darah alami tubuh kita.

Bila sudah muncul bentol, menggaruk bentol tersebut memang terasa menyenangkan dan ingin terus dilakukan. Dengan menggaruk, gerakan ini akan memblokir rasa gatal yang terasa sekaligus mengalihkan perhatian otak dari rasa gatal.

Baca: Ini 5 Cara Termudah Hindari Gigitan Nyamuk

Tapi, sebenarnya, ada cara yang  bisa kita lakukan agar bentol karena gigitan nyamuk tidak gatal. Apa saja itu?

Gunakan Losion Berbahan Calamine

Mengoleskan losion yang berwarna seperti permen karet yang terbuat dari zinc oxide adalah cara pertama yang bisa kita pakai untuk menghalau gatal karena gigitan nyamuk.

Ketika losion berbahan calamine ini dioleskan pada kulit yang bentol, akan ada sensasi dingin yang perlahan akan menghilangkan rasa gatal dan tidak nyaman karena gigitan nyamuk.

Gunakan Krim Hydrocortisone

Bila losion calamine tidak bisa menghentikan kita untuk menggaruk, coba gunakan krim hydrocortisone. Bahan dari krim ini bisa membantu menghilangkan rasa panas, gatal, kulit kemerahan, dan bentol yang tentunya akan menghilangkan gatal lebih cepat.

Minum Obat Antihistamin

Bila obat oles tidak mempan menghilangkan gatal, coba minum obat antihistamin. Obat antihistamin akan memberikan perasaan menenangkan dan tentunya menghalau penyebab rasa gatal.

Baca: Agar Tak Digigit Nyamuk, Pakai Bahan Alami Pengganti Losion Anti Nyamuk Ini

Es Batu

Rasa dingin dari es batu bisa membantu agar pembuluh darah bisa menyempit, sehingga bentol dan gatal bisa hilang. Caranya, taruh es batu pada handuk tipis atau kain tipis, lalu totol-totolkan pada area yang gatal sekitar 15 menit.

Kantong Teh

Sama seperti es batu, kantong teh setelah direndam dalam air dingin juga bisa membantu pembuluh darah menyempit. Namun, kantong teh juga memiliki kandungan lain seperti kafein yang juga bisa membantu bentol dan gatal hilang. Psst, teh hitam memiliki khasiat yang lebih kuat, lo.

Olesi dengan Oatmeal Halus

Oatmeal memiliki kandungan yang bisa melembutkan kulit dan membuat level pH kulit seimbang, sehingga bisa terhindar dari iritasi karena menggaruk area yang gatal. Caranya, haluskan atau tumbuk 1 cangkir oatmeal sampai berbentuk bubuk, lalu balurkan pada area yang gatal.

Nah, daripada kita menggaruk bentol-bentol dan bisa menyebabkan iritasi, lebih baik lakukan cara-cara di atas, ya.

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber : www.menshealth.com

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×