Penyakit yang Menghantui di Akhir Tahun (5)

Editor: nova.id / nova.id
Rabu, 16 Desember 2009
Foto :

6.KURANG TIDUR
Pada hari-hari memasuki akhir tahun umumnya orang cenderung kurang tidur, baik lantaran banyak lembur (tutup buku, persiapan pesta, rencana piknik, atau menikmati liburan panjang, dan perubahan lintas waktu jet-lag sewaktu naik pesawat udara melintas garis waktu).

Kurang tidur tidak menyehatkan. Orang yang kurang tidur, selain badan lebih lemah dari normal, juga rentan terserang infeksi, dan bikin tubuh tidak bugar. Lemah, lesu, kurang bisa berkonsentrasi, penampilan pun jadi lusuh (kulit, rambut, dan mata yang paling terpengaruh sehingga tampak tidak segar). Kurang tidur mengganggu orang yang jenis pekerjaannya membutuhkan keterampilan dan kecekatan, seperti operator mesin, sopir, nakhoda, dan pilot.

Kurang tidur juga mengganggu emosi dan fungsi mental. Orang kurang tidur jadi uring-uringan, mudah marah, gampang tersinggung, kurang selera makan, salah dalam mengambil keputusan penting, dan cenderung bertambah besar nafsu seksualnya.

Kurang tidur yang lama butuh pemulihan yang lama pula. Bayar utang tidur perlu berhari-hari sebelum tubuh kembali bugar, jika belum telanjur jatuh sakit. Tidak jarang, kurang tidur memicu munculnya penyakit. Serangan jantung koroner, payah jantung, stroke, bisa dipicu oleh kondisi kurang tidur juga.

Selain membutuhkan lebih banyak tidur, gizi pun perlu ditingkatkan. Jangan lupa, ekstra vitamin-mineral. Oleh karena kurang tidur juga seiring dengan lebih banyak terpapar udara dingin (pergi pesta malam, kerja malam, berada di luar rumah malam hari), kemungkinan besar juga berisiko 'masuk angin'. Itu sebab, badan perlu juga dihangatkan dengan makanan-minuman yang serba panas, selain rutin ekstra vitamin-mineral, khususnya vitamin C dosis tinggi (antistres fisik).

Oleh: Hendrawan Nadesul

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.