Perhatikan, 10 Tanda Kanker yang Sering Diabaikan

  • Sabtu, 10 Juni 2017 13:34 WIB

Perhatian, 10 Tanda Kanker yang Sering Diabaikan | acutezmedia

Kanker adalah salah satu penyakit yang dapat menghancurkan tubuh kita secara perlahan-lahan. Para penyintas kanker akan merasakan banyak perubahan yang terjadi dalam tubuhnya. Misalnya berat tubuh yang turun secara drastis, tubuh menjadi melemah, dan lain sebagainya.

Tak sedikit mereka yang terdiagnosa menderita kanker ketika stadium sudah tinggi. Sebab kanker terkadang tidak memberikan gejala yang mencurigakan. Sehingga banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda tersebut.

Menurut Boldsky.com ada 10 tanda kanker yang sering diabaikan dan mulai harus lebih diperhatikan:

1. Benjolan
Secara tiba-tiba muncul benjolan di bawah kulit, misalnya di jaringan payudara. Benjolan tersebut bisa dideteksi melalui pemeriksaan diri. Jika merasakan ada perubahan pada bentuk tubuh kita, tak perlu ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

(Baca: Perlu Tahu! Ini 12 Tanda Kanker Payudara yang Bisa Dilihat Tanpa Alat)

2. Kulit Gatal
Sistem kekebalan tubuh melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, menyebabkan darah menjadi hangat dan kulit gatal.

3. Luka Sukar Sembuh
Jika mempunyai luka di kulit yang memerlukan waktu lama untuk sembuh, ini bisa jad pertanda kanker.

4. Benjolan di Mulut
Benjolan yang terjadi di dalam mulut, gusi atau tenggorokan dengan warna putih harus segera diperiksa oleh petugas kesehatan. Inilah salah satu tanda kanker yang kebanyakan orang abaikan.

5.Kesulitan Menelan atau Kehilangan Nafsu Makan
Jika mengalami masalah saat menelan dan proses pencernaan terpengaruh, kita perlu memeriksakannya oleh dokter. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mendapatkan nutrisi dari asupan.

(Baca: Jangan Sampai Terlambat! Ini 5 Langkah Cegah Kanker Sejak Dini)

6. Perubahan Gerakan Usus
Coba perhatikan apakan terjadi gangguan pencernaan dan feses mengandung darah.

7. Perubahan Urin
Fungsi kandung kemih akan terkena jika kita menderita kanker. Biasanya terjadi perubahan pada volume, warna, bau, adanya busa atau darah di dalam urin.

(Baca: 5 Cara Sederhana Mencegah Munculnya Sel Kanker di Tubuh)

8. Perdarahan
Perdarahan yang tidak dapat dijelaskan harus selalu diperiksa. Darah dari rahim, puting atau bagian tubuh lainnya harus diperiksa.

9. Perubahan Suara
Kanker laring dapat menyebabkan perubahan nada suara kita.

10. Batuk Sulit Sembuh
Kanker tenggorokan, paru-paru, kerongkongan, dan perut bisa menyebabkan batuk terus-menerus, rasa nyeri, hingga batuk berdarah.

Reporter : Menda Clara Florencia
Editor : Sukma Ratih

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×