Pusat Kebugaran Tempat Menularnya Meningitis?

  • Jumat, 17 Februari 2017 16:30 WIB

Pusat Kebugaran Tempat Menularnya Meningitis?

Sebuah peristiwa terjadi di sebuah pusat kebugaran di Amerika, seorang wanita meninggal mendadak saat latihan. Dokter yang memerika menyatakan ia meninggal karena terserang bakteri meningitis. Besar kemungkinan ia tertular di gym. Wah!

Peristiwa itu tidak hanya satu kali, Sevin Philips, seorang terapis yang tinggal di San Rafael dan bekerja di San Francisco, meninggal karena meningitis meningokokus, salah satu bentuk yang paling umum dari infeksi meningitis.

Serupa dengan kasus sebelumnya, ia tertular lantaran beraktivitas di salah satu pusat kebugaran. Diduga ia melakukan kontak dengan beberapa orang di tempat tersebut.

Tercatat 300 kasus meningitis meningokokus setiap tahun. Satu dari 10 orang adalah pembawa bakteri yang penyebab meningitis.

Apa itu meningitis? Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Seseorang yang terserang meningitis bisa menyebabkan kematian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan ada beberapa jenis meningitis yang disebabkan oleh bakteri yang berbeda.

Penularan meningitis bakteri bisa melalui air liur, semisal kontak dengan penderita melalui batuk. Gejala awal meningitis kerap mengecoh, sebab sekilas mirip dengan flu dan pilek.

Mengapa Pusat Kebugaran?

Diketahui, di pusat kebugaran biasanya terdapat tempat untuk membersihkan diri atau mandi yang digunakan bersama. Tidak menutup kemungkinan saat mandi, penderita meludah dan menyebarkan bakteri ini.

Selain itu, meningitis juga bisa tersebar di tempat-tempat di mana banyak orang berkumpul. Mereka yang kondisi tubuhnya sedang tidak fit, akan dengan mudah tertular.

Meningitis dapat dicegah melalui vaksinasi, gaya hidup sehat serta menjaga daya tahan tubuh.

Baca: Cegah Meningitis dengan Melakukan Vaksin Meningitis

 

Menda Clara Florencia/Nova.id

Reporter : Marfuah Panji astuti
Editor : Marfuah Panji astuti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×