Sehat dan Bugar Saat Puasa

  • Jumat, 19 Mei 2017 18:00 WIB

Kiat Tetap Bugar dan Sehat Saat Puasa | istock

Bulan suci Ramadan sudah datang, seluruh umat Islam di dunia akan menunaikan ibadah puasa.

Lalu bagaimana agar Anda terhindar dari lesu dan lemas saat puasa?

Puasa bukan berarti mengurangi aktivitas hingga seminim mungkin, tetapi menjaga bagaimana kondisi tubuh tetap pada kondisi bugar dan normal, sehingga sesuai dengan kondisi puasa yang sedang dijalani. Anda bisa melakukan beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuh Anda. 

Puasa biasanya diidentikkan dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi. Ada kenyataan yang tidak dapat dibantah bahwa mereka yang menjalani ibadah puasa Ramadan sebulan penuh justru mengalami masalah yang cukup lazim: makan berlebihan, sehingga pada akhirnya berat badan terus bertambah.

Meskipun kondisi perut kosong di siang hari, namun berjejal di malam hari sebagai upaya “balas dendam”.

Belum lagi minimnya aktivitas di bulan puasa ini dapat memperparah keadaan tersebut.

Efek lain adalah kondisi kebugaran tubuh yang terus menurun.

Tanpa aktivitas tubuh atau olahraga serta asupan yang sesuai, Anda akan merasa kekurangan energi, kebugaran, dan berat badan justru bertambah pesat.

Pada saat berpuasa, apalagi sebulan penuh, aktivitas tubuh harus tetap dilakukan dan mendapatkan porsi yang layak, asupan makanan  yang seimbang dan tidak berlebihan, dan kontrol kedua hal tersebut sangat penting.

Kita tetap menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa, terutama bagi Anda yang menjalani karier di kantor.

Reporter : nova.id
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×