Terpapar AC atau Kipas Angin Tiap Hari Sebabkan Paru-paru Basah, Benarkah?

  • Jumat, 17 Februari 2017 19:41 WIB

AC dan Kipas Angin Menyebabkan Paru-paru Basah, Masa Sih?

Pasti Anda pernah mendengar mitos bahwa embusan udara dingin dari AC dan kipas angin yang terus memapar tubuh kita setiap harinya bisa menimbulkan pneumonia.

Apalagi jika embusan udara dingin dari AC dan kipas angin dengan jarak dekat secara terus menerus disebut-sebut dapat menimbulkan penyakit yang disebut "paru-paru basah."

Paru-paru basah biasanya dikatakan masyarakat awam untuk menyebut penyakit pneumonia. Pneumonia adalah kondisi peradangan pada pernapasan yang disebabkan oleh infeksi, bakteri, jamur, atau kuman. 

Di dunia, pneumonia menjadi penyakit berat penyebab kematian tertinggi.

Namun tenang saja, paru-paru basah atau pneumonia karena AC dan kipas angin itu hanyalah mitos.

Menurut dr. Hascaryo Nugroho, Sp.PD., dari Rumah Sakit Ken Saras Semarang, paparan AC dan kipas angin tidak berpengaruh langsung pada paru-paru. 

Penyakit pneumonia sendiri akan lebih mudah menyerang bila pertahanan tubuh sedang rendah. Bila tubuh terpelihara dengan baik dan asupan gizi terpenuhi, maka pneumonia pun bisa dihindari.

Baca: Rutin Bersihkan AC Kurangi Polusi Udara di Rumah

Selain itu, "Penggunaan AC dan kipas angin tidak terbukti menyebabkan penyakit paru-paru basah atau pneumonia, namun sebaiknya memang jangan langsung diarahkan ke badan."

Lalu, biasakan mengganti pakaian seusai beraktivitas, ya. Terutama ketika badan dibasahi oleh keringat dan Anda tidur di ruangan yang dingin. 

Dionysia Mayang/NOVA.id

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×