Tidak Ada Obat Khusus untuk Rematik

  • Kamis, 20 Juni 2013 17:17 WIB

rematik04

"Ilustrasi "

Obat apa yang biasanya Anda konsumsi untuk mengobati penyakit rematik yang Anda alami. Seringkali, untuk menghentikan sementara nyeri pada sendi saat rematik kambuh, dokter hanya memberikan obat penghilang rasa sakit biasa. Ini karena, memang tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan rematik!

Cara terbaik mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan pengobatan agresif yang dimulai sedini mungkin. Perawatannya termasuk kombinasi obat-obatan dan latihan untuk memperkuat otot-otot penunjang di sekitar sendi.

Pengobatan juga dapat mencakup operasi. Namun, apakah pasien cukup diobati dengan obat atau operasi, semuanya harus disesuaikan dengan kondisi tiap pasien, yakni dengan mempertimbangkan usia mereka, sendi yang terkena, dan perkembangan penyakit.

Obat yang digunakan untuk mengobati rematik biasanya ialah disease-modifying antirheumatic drugs (DMARDs), nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), steroid, dan penghilang rasa sakit. DMARDs mampu memperlambat perkembangan peradangan sendi dan biasanya digunakan bersamaan dengan NSAID dan steroid.

Bisa Dibedah Jika...

Jika kerusakan sendi signifikan terjadi atau ketika rasa sakit atau cacat menjadi tak tertahankan, beberapa orang memilih untuk operasi untuk meningkatkan fungsi dan mengurangi rasa sakit.

Operasi yang paling sering dilakukan adalah penggantian lutut dan sendi pinggul. Jenis operasi lain yang dapat dilakukan adalah Artroskopi (memasukkan alat seperti tabung ke dalam sendi untuk melihat dan memperbaiki jaringan abnormal) dan rekonstruksi tendon.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×