Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Berciuman, dari “Vaksinasi” Sampai Menguatkan Gigi

Editor: Marfuah Panji astuti / nova.id
Selasa, 21 Maret 2017
Foto : istockphoto
Ada 6 manfaat ciuman yang wajib tahu.

Berciuman merupakan ekspresi cinta pada pasangan. Selain itu, melalui ciuman saat foreplay mengantarkan ke inti hubungan seksual. Ini 6 manfaat berciuman

 

Baca: Berciuman Ternyata Bisa Menghalau Bakteri!

 

1. Sebagai “Vaksinasi”

Rongga mulut dilapisi oleh air liur yang membantu mencerna makanan. Pada air liur seseorang selain mengandung enzim juga mengandung 20 persen mikroba.

Saat berciuman, secara alami tubuh akan memproduksi  antibodi untuk melawan bakteri. Semakin sering berciuman, maka produksi antibodi semakin banyak, seperti halnya “vaksinasi”.

2. Mengatasi Stres

Sebuah penelitian baru menyebutkan, saat berciuman tubuh melepaskan oksitosin (hormon menenangkan), endorfin (hormon yang menimbulkan rasa baik) dan dopamin. Itu sebabnya ciuman dapat mengatasi stres.

3. Anti Alergi

Penelitian di Jepang mengatakan berciuman selama 30 menit akan dapat memperlambat produksi histamin yaitu senyawa yang dilepaskan oleh sel dalam tubuh kita yang bertugas merespon cedera juga dalam reaksi alergi dan peradangan.

4. Menguatkan Gigi

Berciuman dapat menetralisir asam yang dapat menyebabkan pembusukan, dan menyapu partikel makanan dan plak pada rongga mulut yang mulai terbentuk di gigi.

Beberapa ahli bahkan berpikir bahwa garam mineral dalam air liur dapat membantu meningkatkan enamel dan membuat gigi lebih kuat.

 

Baca: Agar Lebih Jago Ciuman, Ini yang Perlu Anda Lakukan!

 

5. Olahraga Kecil

Berciuman konon mampu membakar hingga 6 kalori per menit dan menggerakan sekitar 30 otot wajah. Hal tersebut setara dengan membakar 6.67 kalori per menit atau berjalan pada 6 km per jam.

6. Facial

Banyak ahli percaya bahwa berciuman melatih otot-otot wajah. Selain itu, ciuman menjaga otot-otot wajah agar tetap kencang.

Ditambah, berciuman membantu meningkatkan sirkulasi di wajah, yang juga dapat membantu mencegah kulit kendur dan menghaluskan kulit.

Penulis : Menda Clara Florencia