Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Ketimbang PSK

  • Rabu, 3 Desember 2014 13:13 WIB

TabloidNova.com - Meski penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tapi penularan HIV/AIDS bisa dicegah. Penyakit yang memiliki stigma akibat "perilaku tidak bermoral" ini ternyata cukup banyak diderita para ibu rumahtangga.Bahkan, ibu rumah tangga lebih rentan tertular HIV ketimbang PSK (pekerja seks komersial).

Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga September 2014, pengidap HIV/AIDS di Indonesia sebanyak 54 persen laki-laki dan perempuan 29 persen. Sementara itu 17 % tidak melaporkan jenis kelamin. Dari 29 persen tersebut, kebanyakan adalah ibu rumah tangga, yaitu mencapai 6.539 orang.

"Jumlah AIDS tertinggi adalah pada ibu rumah tangga. Faktor risiko penularan terbanyak melalui heteroseksual yaitu 61,5 persen, diikuti penularan melalui perinatal (kelahiran) 2,7 persen," ujar Kepala Balitbangkes Kemenkes Tjandra Yoga Aditama melalui siaran pers yang diterima wartawan, Minggu (30/11/2014).

Sejumlah ibu rumah tangga tersebut banyak tertular virus HIV dari suaminya yang pernah berhubungan seksual dengan pekerja seks atau memakai jarum suntik tidak steril. Para ibu rumah tangga ini kemudian ikut tertular HIV ketika melakukan hubungan seksual dengan suaminya tanpa alat pelindung.

Program Manager Ikatan Perempuan Positif Indonesia, Melly Windi Lianti, dalam suatu pertemuan pada Jumat (5/9/2014) lalu di Jakarta, mengatakan, para wanita PSK lebih menyadari akan bahaya tertular virus HIV. Mereka pun melakukan pencegahan dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks.

"Fenomenanya kini lebih banyak pada ibu rumah tangga karena mereka merasa tidak punya risiko HIV. Teman-teman penjaja seks justru lebih aware," kata Melly.

KompasHealth/Dian Maharani

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×