Kenapa, Sih, Perempuan Lebih Gampang Depresi?

  • Selasa, 25 Oktober 2016 10:30 WIB

Kenapa perempuan dua kali lebih gampang depresi dibanding pria? | istock

Jiwa yang sehat adalah merasa sehat dan bahagia mampu menghadapi tantangan hidup, berpikir positif pada diri sendiri maupun orang lain. Namun, beberapa studi mengatakan perempuan lebih rentan depresi ketimbang pria. Kenapa?

Sebenarnya masalah kejiwaan seperti depresi adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Namun, masyarakat masih sulit membedakan stres, depresi, cemas, skizofrenia, atau penyakit jiwa lainnya.

“Sayangnya,masyarakat masih menganggap bahwa orang yang mengalami gangguan jiwa itu berarti gila atau ada hubungannya dengan kegilaan,” papar Dr. Andri,Sp.KJ,FAPM, Psikiater Klinik Psikosomatik OMNI Hospitals Alam Sutera, Serpong.

Baca: Begini Cara Menikmati Detoksifikasi Pikiran dan Tubuh

Menurut staf pengajar Bagian Psikiatri FK UKRIDA Jakarta ini, perempuan lebih sering mengalami depresi dua kali lipat dibandingkan pria. Ada banyak faktor yang memengaruhi perempuan lebih banyak mengalami depresi, di antaranya adalah:

Faktor hormonal

Sama seperti pada riset di Barat, perempuan Indonesia juga sangat terganggu dengan siklus hormonal bulanan yang sering berbarengan dengan timbulnya perubahan mood atau suasana perasaan yang tidak nyaman.

Ya, kaum hawa biasanya mengalami kondisi tidak nyaman menjelang dan selama haid. Secara statistik memang perempuan di masa kehidupannya sejak fase pertama kali menstruasi sampai nanti setelah menopause akan cukup sering mengalami masalah mood terkait dengan fluktuatif hormonal.

Ada juga depresi saat kehamilan dan pascapersalinan, serta masalah psikologis terkait menopause dan sebelum menopause.

Baca: Mengapa Wanita Karier yang Sukses Lebih Rentan Stres?

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

Tags :

#depresi #stres

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×