Kulit Mulus dan Awet Muda Berkat Kolagen

  • Rabu, 25 Maret 2009 14:26 WIB

Memakai serum adalah salah satu cara untuk mempertahankan keindahan kulit. Sudah tepatkah cara Anda memanfaatkannya?

Istilah serum dalam dunia kecantikan agak berbeda dari serum dalam bidang biologi dan kedokteran. "Dalam biologi atau kedokteran, istilah serum dipakai untuk menerangkan tentang cairan kekuning-kuningan yang terpisah sewaktu darah membeku," ujar dr. Tridia Sudirga, Sp.KK, dermatologis dan venerologis dari Puan Jakarta Boutique Clinic.

Sedangkan, dalam kosmetika, serum merupakan bahan cair yang kandungannya sebagian besar asam amino, dan penggunaannya dioleskan langsung ke kulit. Bahan dasar serum biasanya air dan emulsi (air dalam minyak atau minyak dalam air) ditambah bahan-bahan tambahan lain, misalnya vitamin C atau E.

1. Serum Vitamin C
Kandungan serum vitamin C berbeda-beda, mulai 5 sampai 20 persen. Biasanya, dokter tidak akan meminta pasien langsung memakai serum berkadar tinggi untuk membiarkan kulit pasien beradaptasi. Menentukan prosentase serum yang cocok dengan kulit, amat tergantung pada tujuan pemakaian. Untuk pencegahan penuaan dini, bisa dipakai serum berkadar vitamin C rendah. Tapi untuk pengobatan, biasanya dipakai kadar yang tinggi, antara 15-20 persen.

Manfaat serum vitamin C antara lain merangsang pembentukan kolagen kulit, sebagai water holder (menyimpan air), membuat kulit tidak kering, dan lembap, serta sebagai wound healing (mengobati luka). Perawatan dengan serum vitamin C sebelum tindakan laser, akan mempercepat dan menyempurnakan hasil pasca-laser. Selain itu juga sebagai antioksidan terhadap polusi.

Dengan sifatnya yang merangsang pembentukan kolagen di bawah kulit, serum vitamin C sangat baik dipakai orang yang mempunyai vlek sangat tebal di kulit. Pengolesan langsung serum vitamin ke kulit menjadi sangat penting, karena nutrisi yang masuk lewat makanan tidak semuanya bisa langsung dirasakan oleh kulit. "Itu sebabnya perlu menggunakan vitamin topikal (langsung ke kulit)," papar Tridia.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×