Pertanyaan "Tabu" Kaum Hawa

  • Rabu, 25 Maret 2009 14:24 WIB

Umumnya, wanita merasa takut pergi ke ahli kebidanan alias dokter kandungan alias ginekolog lantaran terlanjur memikirkan hal-hal negatif. Bahkan saat di tempat praktik dokter, karena tegang dan takut, akhirnya pertanyaan penting yang ingin diajukan, jadi terlupakan.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang umumnya takut dilontarkan kaum Hawa. Padahal mereka ingin sekali tahu jawabannya.

* Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi PMS (pre menstrual syndrome atau nyeri haid) yang sangat parah? Haid saya terasa sakit sekali.
Ada sekitar 150 gejala yang berhubungan dengan PMS. Mulai dari jerawat sampai kaki bengkak yang rasanya sangat sakit.

Tetapi bila mengalami gejala yang ekstrem seperti rasa sakit yang membuat Anda menjadi tidak berdaya, depresi, atau kram di luar jadwal menstruasi Anda, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Kendati tak ada obat yang manjur, namun diet yang benar dan olah raga teratur dapat meringankan keluhan fisik dan emosi. Hindari kafein yang dapat memengaruhi suasana hati dan juga rasa sakit pada payudara. Kurangi asupan garam, gula, makanan berlemak, dan daging mentah/setengah matang.

Sebaliknya, tambahkan asupan kalsium, magnesium, serta vitamin B6 dan E. Olah raga yang cukup seperti jalan kaki, joging, lari, dan berenang serta teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, serta pijat cenderung mengurangi rasa lelah, rasa cemas, dan depresi.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×